Ekskavasi Kedua Situs Watu Genuk, BPCB Temukan Tiga Candi di Boyolali

- 10 November 2021, 04:49 WIB
Beberapa arca dan benda-benda purbakala yang diindikasikan tim ekskavasi BPCB Jawa Tengah bekas bangunan candi di situs Watu Genuk Desa Kragilan, Mojosongo, Boyolali
Beberapa arca dan benda-benda purbakala yang diindikasikan tim ekskavasi BPCB Jawa Tengah bekas bangunan candi di situs Watu Genuk Desa Kragilan, Mojosongo, Boyolali /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS – Ekskavasi tim BPCB Jawa Tengah di situs Watu Genuk temukan tiga struktur bangunan candi, diperkirakan peninggalan abad IX.

Penggalian dan penelitian benda cagar budaya situs Watu Genuk ini, dilakukan Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah, tanggal 03-08 Nopember 2021.

Dalam ekskavisi sebelumnya, tahun 2016 lalu Tim BPCB Jawa Tengah juga menemukan satu struktur bangunan candi di Dukuh Watu Genuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Baca Juga: Jejak Kebo Kanigoro (1), Pewaris Dinasti Majapahit Memilih Jalan Hidup Sunyi di Lereng Merapi   

"Untuk sementara ekskavasi dihentikan. Kita mendapatkan data minimal tiga bangunan. Entah ini bangunan yang terbuka atau struktur yang terbuka," kata Pamong Budaya Ahli Muda BPCB Provinsi Jawa Tengah, Winarto.

Ekskavasi Tim BPCB Jawa Tengah yang berlangsung Rabu 03-08 Nopember 2021 ini, merupakan kegiatan lanjutan tahun 2016 lalu. Pada saat itu, tim BPCB menemukan denah candi yang terdapat yoni, diduga sebagai candi induk.

Selain menemukan candi induk, penggalian tahun 2016 juga menyisakan satu struktur. Tahun 2021, ekskavasi dilanjutkan dengan menggali struktur yang sebelumnya diduga pagar atau bangunan lain.

Baca Juga: Primbon Jawa, Inilah Aura Karismatik Neptu Weton Rabu Kliwon

"Kita teliti lagi dalam penggalian kali ini, ternyata yang dulu diduga pagar atau talut, diketahui merupakan suatu struktur. Mungkin bisa bangunan ataupun struktur terbuka semacam batur atau teras ada atapnya mungkin dari kayu," papar Winarto.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x