Hindari Kepadatan, Menhub Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

- 21 April 2022, 00:08 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat melakukan perjalanan mudik lebih awal guna menghindari terjadinya kepadatan. (Foto ilustrasi: Pixabay/Islandworks)
Menhub Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat melakukan perjalanan mudik lebih awal guna menghindari terjadinya kepadatan. (Foto ilustrasi: Pixabay/Islandworks) /

KARANGANYARNEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat melakukan perjalanan mudik lebih awal guna menghindari terjadinya kepadatan.

Hal ini disampaikan Menhub saat meninjau kesiapan angkutan lebaran 2022 di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu, 20 April 2022.

“Kalau bisa lakukan perjalanan mulai 23 April 2022. Hindari tanggal 28 hingga 30 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak arus mudik untuk mencegah terjadinya kepadatan. Kalau sudah padat, nanti masyarakat juga yang terkena dampaknya,” jelas Budi Karya Sumadi, dilansir dari laman resmi Kementerian Perhubungan RI, dephub.go.id.

Baca Juga: Hari Kartini 21 April: Sejarah, Pendidikan dan Perjuangan RA Kartini

Pelabuhan Kalianget menjadi salah satu pelabuhan di Jawa Timur diprediksi mengalami lonjakan penumpang kapal laut di masa mudik Lebaran.

Sebagaimana diprediksi juga terjadi di sejumlah pelabuhan di luar Jawa, seperti di Sulsel, Selayar, Samarinda, Banjarmasin, Pangkalan Bun, dan Batam.

Menhub telah meminta operator pelayaran untuk mengantisipasi daerah-daerah berpotensi mengalami lonjakan penumpang signifikan, dengan melakukan rerouting kapal-kapal ke daerah yang penumpangnya padat.

Hal ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kelebihan muatan kapal yang dapat membahayakan keselamatan.

Baca Juga: 10 Ucapan Selamat Hari Kartini 2022 Inspiratif dan Menyentuh Hati

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: dephub.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x