Jelang Hari Raya Waisak, Ini 10 Jejak Candi Mendut

- 13 Mei 2022, 11:40 WIB
Kisah perjalanan Sang Buddha, dapat ditemukan di Candi Mendut
Kisah perjalanan Sang Buddha, dapat ditemukan di Candi Mendut /Instagram @dadungz/

KARANGANYARNEWS - Kekhusyukan perayaan Waisak, selain dapat dilihat di Candi Borobudur, juga dapat disaksikan di Candi Mendut, yang letaknya hanya 3 km dari Candi Borobudur.

Candi ini diperkirakan memiliki ikatan dengan Candi Borobudur dan Candi Pawon, yang terletak pada satu garis lurus arah utara selatan.
Inilah 10 jejak Candi Mendut, yang dilansir dari candi.perpusnas.go.id.

1. Lebih Tua dari Borobudur

Meski belum ada kepastian kapan Candi Mendut dibangun, namun para ahli menduga bahwa candi yang dibangun Raja Indra, raja pertama dari wangsa Syailendra ini diduga dibangun tahun 824 M, yang didasarkan pada isi Prasasti Karangtengah (824 M), artinya keberadaannya lebih awal daripada Candi Borobudur.

2. Pemugaran

Candi yang terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini, pertama kali ditemukan kembali pada tahun 1836, kecuali bagian atapnya, dan pemugaran juga pernah dilakukan pada candi, yakni tahun 1897-1904, tahun 1908 dan tahun 1925, untuk menyempurnakan bentuk atap, memasang kembali stupa-stupa dan memperbaiki sebagian puncak atap.

3. Relief Cerita

Candi yang memiliki denah dasar berbentuk segi empai, dengan tinggi bangunan mencapai 26,40 m ini, pada dinding kaki candi dihiasi 31 buah panel, memuat berbagai relief cerita, pahatan bunga serta sulur-suluran yang indah

4. Bilik Lorong

Pintu masuk ke ruangan dalam tubuh candi dilengkapi bilik penampil yang menjorok keluar, berbentuk lorong dengan langit-langit seperti rongga memanjang dengan penampang segi tiga.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x