Jelang Hari Raya Waisak, Inilah 9 Pesona Candi Pawon

- 14 Mei 2022, 14:51 WIB
Candi Pawon, candi Buddha yang berbentuk ramping
Candi Pawon, candi Buddha yang berbentuk ramping /Instagram @bionmotret/

KARANGANYARNEWS - Ada yang menyebut Candi Pawon sebagai Candi Brajanalan, yang terletak hanya sekitar 2 km ke arah timur laut dari Candi Borobudur, serta 1 km ke arah tenggara, dari Candi Mendut.

Ketiga candi ini, diduga memiliki keterkaitan erat, dilihat dari kesamaan serta kemiripan yang ditemukan pada hiasan pahatan dan relief, serta letaknya berada pada satu garis lurus.

Poerbatjaraka, seorang budayawan dan ilmuwan Jawa yang juga pakar sastra Jawa kuno berpendapat, jika Candi Pawon merupakan upa angga atau bagian dari Candi Borobudur.

Berikut 9 pesona Candi Pawon, yang dilansir dari candi.perpusnas.go.id.

1. Menyimpan Abu

Nama Pawon dipercaya berasal dari kata pawuan, yang berarti tempat menyimpan awu atau abu, yang menurut Casparis, seorang peneliti Arkeolog dari Belanda, merupakan tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra, ayah Raja Samarrattungga dari Dinasti Syailendra.

2. Arca Bodhhisatwa

Sebagai bentuk penghormatan untuk Raja Indra yang dianggap telah mencapai tataran Bodhisattva, maka di dalam candi ditempatkan arca Bodhisatvva.

3. Pancarkan Sinar

Tertulis dalam Prasasti Karang Tengah, bahwa arca Bodhissatvva mengeluarkan sinar atau wajra, yang menimbulkan dugaan bahwa arca tersebut dibuat dari perunggu.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x