Rangkaian Perayaan Hari Raya Waisak 2566 BE di Candi Borobudur

- 15 Mei 2022, 23:03 WIB
Rangkaian perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2566 BE Tahun 2022 di Candi Borobudur mengusung tema Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan.  (Foto ilustrasi: Pixabay/qwertyvied)
Rangkaian perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2566 BE Tahun 2022 di Candi Borobudur mengusung tema Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan. (Foto ilustrasi: Pixabay/qwertyvied) /

KARANGANYARNEWS - Rangkaian Perayaan Waisak 2566 BE di Candi Borobudur. Ratusan umat Buddha dari berbagai perwakilan di Indonesia memadati pelataran objek wisata Api Abadi Mrapen di Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu, 14 Mei 2022.

Mereka terdiri atas para Bikkhu, perwakilan majelis Buddha dan masyarakat Buddha yang hadir untuk mengikuti prosesi pengambilan api Dharma dari api abadi Mrapen.

Ritual pun digelar, mulai dari penyalaan lilin pancawarna bersama Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama, Supriadi hingga gelaran ritual dari perwakilan majelis umat Buddha Indonesia jelang pengambilan api Dharma.

Perwakilan majelis Buddha, di antaranya Majelis Palpung, Mahanikaya Indonesia, Zhenfo Zong Kasogatan Indonesia, Theravada, dan Sangha lainnya.

Baca Juga: Ditinggal Shalat, Dua Mobil Jamaah Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Terbakar

Tepat pukul 12.00 WIB, prosesi pengambilan api Dharma di objek wisata Api Alam Mrapen dimulai.

Para Bikkhu, panitia Waisak, serta Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha mulai bergerak ke arah sumber api abadi yang berada persis di samping Batu Bobot Peninggalan Sunan Kalijaga Abad XV.

Sebelum mengambil api, mereka membakar kemenyan sebagai tanda dimulainya pengambilan api abadi Mrapen.

Api Dharma Waisak Nasional 2022 disulut menggunakan obor oleh masing-masing perwakilan majelis Buddha dan kemudian dibawa ke mobil bak terbuka.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x