7 Prinsip dari Kelana Nusantara, Perkuat Potensi Parekraf di Sragen

- 18 Mei 2022, 10:40 WIB
Sambangi Sragen, Kemenparekraf dukung potensi pariwisata dan ekonomi kreatif
Sambangi Sragen, Kemenparekraf dukung potensi pariwisata dan ekonomi kreatif /Dokumentasi : kemenparekraf.go.id/

KARANGANYARNEWS - Aktivitas di sektor pariwisata ekonomi kreatif Kabupaten Sragen menunjukkan semangat kebangkitan, untuk membuka peluang usaha serta menciptakan lapangan kerja.

Seperti arahan Presiden Jokowi, tatanan ekonomi baru, bergeser dari pandemi menuju endemi yang berpihak pada UMKM, disampaikan Sandiaga dalam Kelana Nusantara di Sragen, Selasa (17/5/2022) akan dapat menyejahterakan masyarakat.

Apa dan bagaimana Kelana Nusantara, terhadap pariwisata ekonomi kreatif di Sragen, berikut 7 prinsip yang akan memperkuat potensi Sragen sebagai ekosistem parekraf, dilansir dari siaran pers kemenparekraf.go.id.

1. Aspirasi Ekonomi Kreatif

Mendengar langsung perihal hambatan serta aspirasi dalam pengembangan ekonomi kreatif dalam mendorong kebangkitan ekonomi untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja, merupakan salah satu manfaat Kelana Nusantara.

2. Perhatian Pemerintah

Menurut Sandiaga Uno, yang utama dibutuhkan pelaku ekonomi kreatif adalah perlunya perhatian dari pemerintah, termasuk pelatihan, peningkatan kapasitas, pendampingan, fasilitasi tentang perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan, serta akses pembiayaan, seperti yang diharapkan pelaku ekonomi kreatif.

3. Creative Hub

Gagasan ide creative hub, juga dilontarkan Sandiaga Uno, yang nantinya menjadi pusat layanan (one stop services) berbagai hal yang dibutuhkan para pelaku ekonomi kreatif, terutama pelaku UMKM, seperti perizinan BPOM, bahan baku, dan sebagainya.

4. Dukung Potensi Sragen

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x