Kemenag Integrasikan Seluruh Layanan dalam Satu Super App

- 29 Mei 2022, 00:01 WIB
Kemenag ingin segera mengintegrasikan semua layanan dalam satu aplikasi digital yang biasa disebut dengan Super App. (Foto ilustrasi: Pixabay/TheDigitalWay)
Kemenag ingin segera mengintegrasikan semua layanan dalam satu aplikasi digital yang biasa disebut dengan Super App. (Foto ilustrasi: Pixabay/TheDigitalWay) /

KARANGANYARNEWS – Staf Khusus Menteri Agama Bidang Image Building dan Pengembangan IT, Wibowo Prasetyo mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) ingin segera mengintegrasikan semua layanan dalam satu aplikasi digital yang biasa disebut dengan Super App.

“Sekarang ini sudah zamannya semua terintegrasi dalam satu aplikasi saja. Jadi kalau layanan Kemenag dari berbagai Kantor Wilayah (Kanwil) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) masih tersebar di banyak aplikasi digital tanpa adanya integrasi, saya kira akan membuang banyak tenaga, biaya, dan SDM. Ini menjadi kendala bagi Kanwil dan PTKN dalam menjalankan aplikasi layanannya sebaik mungkin,” ungkap pria yang akrab disapa Wibowo di Semarang, Jumat, 27 Mei 2022, dilansir dari laman resmi Kementerian Agama RI, kemenag.go.id.

Hal itu diungkapkan Wibowo dalam pembukaan agenda Sosialisasi Keputusan Menteri Agama Nomor 788 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kementerian Agama pada Kanwil Kemenag Provinsi dan PTKN di Semarang.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Amankan 11 Tersangka dan 58 Aplikasi Pinjol Ilegal

“Kita lihat contohnya seperti Gojek, dalam satu aplikasi, mulai dari memesan ojek sampai makanan, dan lainnya semua ada di situ. Begitu pula Tokopedia, dalam satu aplikasi bayar apa pun bisa di situ. Itulah yang disebut dengan Super App,” jelasnya.

Lebih jauh, Wibowo mengungkapkan masyarakat menuntut kerja keras Kementerian Agama untuk memberikan layanan digital cepat, prima, murah, efektif dan efisien.

Pelaksanaan digitalisasi layanan Kemenag ini sesuai dengan amanah Perpres No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

“Saya membayangkan jika seluruh layanan Kemenag Kanwil dan PTKN yang sekarang masih berserakan di aplikasi-aplikasi yang berbeda-beda itu disatukan ke dalam satu aplikasi Super App, pasti akan jauh lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Baca Juga: Ruwat Rawat, Ritual Lestarikan Kearifan Lokal Alam di Lereng Merapi

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x