Aceh Siapkan Haji Sendiri, Lepas dari Kemenag? Ini Faktanya

- 10 Juni 2022, 22:46 WIB
Viral video Aceh sedang mempersiapkan untuk mengelola haji secara mandiri, lepas dari tata kelola Kementerian Agama (Kemenag) RI. (Foto ilustrasi: Pixabay)
Viral video Aceh sedang mempersiapkan untuk mengelola haji secara mandiri, lepas dari tata kelola Kementerian Agama (Kemenag) RI. (Foto ilustrasi: Pixabay) /

KARANGANYARNEWS - Viral video potongan pernyataan salah satu anggota Komisi VIII DPR membicarakan Aceh sedang mempersiapkan untuk mengelola haji secara mandiri, lepas dari tata kelola Kementerian Agama (Kemenag).

Penggalan pernyataan itu lalu digabung dengan potongan video ceramah Ustaz Abdul Shomad membahas tentang dana haji.

Sementara pada salah satu bagian layar, ada gambar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dengan tulisan ‘Dana Haji Kurang Rp1,5 T, Keberangkatan CJH Terancam Batal! Kok Bisa?’

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, memastikan informasi Aceh sedang mempersiapkan haji secara tersendiri, lepas dari penyelenggaraan yang dilakukan Kementerian Agama adalah tidak benar dan merupakan disinformasi.

Baca Juga: Maasyaa Allah! Ridwan Kamil Ungkap Jenazah Eril Masih Utuh dan Wangi

“Tidak benar Aceh sedang siapkan haji sendiri, lepas dari Kemenag. Itu disinformasi,” tegas Wibowo Prasetyo di Jakarta, Jumat, 10 Juni 2022, dilansir dari laman resmi Kementerian Agama RI, kemenag.go.id.

Menurutnya, disinformasi seputar jemaah haji Aceh ini mencuat pada Juni 2020.

Persisnya tidak lama setelah pengumuman pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia saat itu.

Disinformasi ini muncul seiring adanya berita di salah satu media online dengan judul "Aceh Bisa Lobi Arab Saudi Dapat Kuota Haji Sendiri".

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x