Agus Sulistriyono, Inilah Kiat Suksesnya Bisnis Media Berbasis UMKM

- 23 Juli 2022, 18:35 WIB
Agus Sulistriyono, Chief Executive Officer (CEO) PRMN dan Promedia
Agus Sulistriyono, Chief Executive Officer (CEO) PRMN dan Promedia /instragam @azoelia /

KARANGANYARNEWS - Membangun bisnis media mainstream nasional berbasis kemitraan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), mana mungkin?
Awalnya memang sulit dipercaya, terutama teruntuk orang yang belum terlibat langsung di dalamnya. Dan Agus Sulistriyono, sukses membuktikannya.
Kenapa? Karena anggapan yang terlanjur mengendap di benak masyarakat selama ini, membangun singgasana bisnis media haruslah bermodal sangat besar.

Baca Juga: Pulang Kampung, CEO PRMN Agus Sulistriyono Bakal Bantu Majukan UMKM di Banyuwangi
Karena itu juga, para pebisnis yang berani spekulasi berinvestasi untuk perusahaan media massa, adalah para pebisnis kelas kakap dan atau konglomerat.
Baik teruntuk membangun perusahaan media massa cetak, di era keemasannya dulu. Demikian juga teruntuk membangun perusahaan media online, di era digitalisasi saat ini.
Tiga tahun terakir, paradigma membangun singgasana bisnis media (terutama) online haruslah konglomerat, terpatahkan oleh Agus Sulistriyono Chief Executive Officer (CEO) PRMN dan Promedia.

Baca Juga: Bertemu Gibran Rakabuming, CEO PRMN : Kita Siap Bantu UMKM
Untuk menjadi pengusaha media yang prospektif, bonafite, kredibel dan sesuai aturan perundangan pokok pers dapat membangunnya dari skala Usaha Mikro Kecil dan Menangah (UMKM).
Pria yang akrap disapa Mas Sulis ini, telah sukses membangun singgasana bisnis media online dengan sistem kemitraan berbasis UMKM.
Bagaimana tidak, ratusan portal media jaringan Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) dan Promedia di seluruh penjuru tanah air, termasuk salah satunya KaranganyarNews.com terlahir dari bukan para pemodal.

Baca Juga: PRMN : Data Media Landscape dari Imogen Communications Institute Tidak Akurat
Ribuan pengelola ratusan portal mitra jaringan PRMN dan Promedia, sukses menjadi pengusaha media, tak lebih 'hanya' bermodal kemampuan dan pengalaman jurnalistik, komitmen, tenaga dan kepiawaian memanagemen waktu.
Jikalau dirinci dengan hitungan analisa usaha, rupiah yang diinvestasikan para pengelola perusahaan media jaringan kemitraan PRMN dan Promedia ini, pun jelas tidak seberapa dibandingkan investasi para konglomerat media di tanah air.
Namun demikian, sebagaimana disampaikan Agus Sulistriyono, Chief Executive Officer (CEO) PRMN dan Promedia kepada Portal Jember, UMKM media ini telah berhasil merekrut ribuan generasi bangsa yang menganggur menjadi punya pekerjaan.

Baca Juga: NIK Digunakan sebagai NPWP, Ternyata Inilah 2 Harapannya
Disebutkan juga, para pengannguran tadi sekarang juga telah menikmati penghasilan puluhan bahkan belasan juta rupiah setiap bulan, dari menulis konten di portal jaringan kemitraan PRMN maupun Promedia.
Jaringan kolaboratif media yang dibangunnya sejak 02 Desember 2019, kini kian menggurita. Tercatat hingga kina telah terdapat 400 lebih portal jaringan kemitraan PRMN dan Promedia, tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Secara kebetulan, tanggal 22 Juli 2022 sang pencetus bisnis media berbasis kemitraan UMKM di Indonesia ini, berulang tahun ke-45.

Baca Juga: Terima Green Leadership Nirwasita Tantra 2021, Ganjar: Ini Tanggung Jawab Moralnya
Nah, bilangan istimewa 45 usia pria kelahiran Desa Sidorejo, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, ini juga yang jadi momentum istimewa.
Momentum keluarga besar PRMN dan Promedia di seluruh penjuru tanah air, untuk lebih mengukuhkan komitmen, terus miningkatkan performa institusi dan darma bhaktinya teruntuk bangsa dan negara.
Bertepatan 45 tahun usia Chief Executive Officer (CEO) PRMN dan Promedia yang akrap disapa Mas Sulis ini, mengingat juga angka istimewa 1945 tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia. ***

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x