Prakiraan Cuaca Hari Ini: Awas Gelombang Tinggi pada 20 dan 21 Februari 2023!

- 20 Februari 2023, 17:05 WIB
Prakiraan cuaca hari ini: awas gelombang tinggi pada 20 dan 21 Februari 2023. BMKG memberikan peringatan agar waspada terhadap gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa perairan Indonesia. (Foto ilustrasi: Pixabay/dimitrisvetsikas1969)
Prakiraan cuaca hari ini: awas gelombang tinggi pada 20 dan 21 Februari 2023. BMKG memberikan peringatan agar waspada terhadap gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa perairan Indonesia. (Foto ilustrasi: Pixabay/dimitrisvetsikas1969) /

KARANGANYARNEWS - Prakiraan Cuaca Hari Ini: Awas Gelombang Tinggi pada 20 dan 21 Februari 2023! Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan kepada masyarakat pesisir agar waspada terhadap gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa perairan Indonesia yang berpotensi terjadi pada 20 hingga 21 Februari 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo meminta masyarakat pesisir agar tetap selalu waspada.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," serunya di Jakarta, Senin, 20 Februari 2023, dikutip dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews.

Baca Juga: Yaelah! Harga Jengkol Hari Ini Lebih Mahal ketimbang Daging Ayam, Kok Bisa Sih?

Dijelaskan, pola angin di wilayah Indonesia bagian Utara dominan bergerak dari Utara-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar lima hingga 25 knot.

Sementara di wilayah Indonesia bagian Selatan dominan bergerak dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar lima hingga 20 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Laut Natuna Utara, Laut Jawa, dan Laut Arafuru," ungkap Eko Prasetyo.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25 hingga 2,5 meter di perairan Utara Sabang, perairan Barat Aceh, perairan Barat Pulau Simeulue-Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu, perairan Enggano-Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, perairan Selatan Banten-Jawa Tengah, perairan Selatan Pulau Sumbawa-Pulau Sumba, Selat Sumba, Laut Sawu, perairan Pulau Sawu-Pulau Rote-Kupang.

Baca Juga: Kemuning Sky Hills, Jembatan Kaca di atas Kebun Teh yang Syahdu dan Instagrammable

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Tribratanews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x