Satupena Jawa Tengah Sambut Suka Cita Penurunan Pajak Royalti Penulis dan Pekerja Seni

- 1 April 2023, 05:10 WIB
Gunoto Saparie, Ketua Umum Satupena yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah
Gunoto Saparie, Ketua Umum Satupena yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah /

KARANGANYARNEWS - Perkumpulan Penulis Indonesia “Satupena” Jawa Tengah memberikan apresiasi terhadap Kementerian Keuangan yang memperhatikan kehidupan para penulis.

Kementerian Keuangan telah melakukan penyesuaian tarif pemotongan pajak penghasilan (PPh) Pasal 23 atas royalti penulis dan pekerja seni dari 15 persen menjadi 6 persen.

Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie Saparie mengatakan, kebijakan penyesuaian tarif itu tentu saja sangat menggembirakan para penulis. Diharapkan, setelah lama ini banyak penulis merasa terbebani oleh pajak sehingga terganggu produktivitasnya, kini makin kreatif berkarya.

Baca Juga: NPPN Belum Jadi Solusi, Satupena Jateng Desak Pemerintah Hapus Pajak Penulis

Menurut Gunoto Saparie, melalui Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-01/PJ/2023, pemerintah resmi melakukan perubahan atas ketentuan pajak royalti bagi orang pribadi.

Sebelumnya, tarif pajak atas royalti dikenakan pemotongan PPh Pasal 23 sebesar 15 persen dari penghasilan bruto. Ketentuan terbaru mengatur bahwa bagi penerima royalti yang memenuhi syarat, penghasilan bruto yang menjadi dasar pengenaan pajak royalti adalah 40 persen dari jumlah royalti. Hal tersebut berarti tarif efektif pajak royalti adalah 6 persen.

“Direktorat Jenderal Pajak juga telah melakukan Workshop Pajak Penghasilan Pasal 23 atas Royalti bagi Penulis, Rabu, 29 Maret 2023. Undangan workshop untuk kami ditandatangani Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Dwi Astuti,” ujarnya.

Baca Juga: Seniman Abaikan Dokumentasi, Gunoto Saparie: Sulitkan Pemetaan, Periodisasi dan Penyusunan Sejarah Kesenian

Gunoto Saparie mengatakan, pajak adalah kontribusi wajib warga negara yang bersifat memaksa sesuai undang-undang perpajakan. Oleh karena itu, membayar pajak adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap wajib pajak, termasuk penulis.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x