Platform Rapor Pendidikan Versi 2.0 Rilis, Cek Fitur Baru dan Link Aksesnya di Sini

- 10 Mei 2023, 14:34 WIB
Platform Rapor Pendidikan versi 2.0 rilis, cek fitur baru dan link aksesnya di sini. Platform ini telah membantu lebih dari 284 ribu satuan pendidikan melakukan refleksi dan pembenahan, serta perencanaan berbasis data. (Foto ilustrasi: Pixabay/Ewn123)
Platform Rapor Pendidikan versi 2.0 rilis, cek fitur baru dan link aksesnya di sini. Platform ini telah membantu lebih dari 284 ribu satuan pendidikan melakukan refleksi dan pembenahan, serta perencanaan berbasis data. (Foto ilustrasi: Pixabay/Ewn123) /

KARANGANYARNEWS - Platform Rapor Pendidikan Versi 2.0 Rilis, Cek Fitur Baru dan Link Aksesnya di Sini. Sejak dirilis pada 2022, platform Rapor Pendidikan telah membantu lebih dari 284 ribu satuan pendidikan melakukan refleksi dan pembenahan, serta melakukan perencanaan berbasis data.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Anindito Aditomo, pada acara Perilisan Rapor Pendidikan Versi 2.0, Rabu (10/05/2023), menjelaskan sebagai bagian dari Merdeka Belajar, Kemendikbudristek telah melaksanakan Asesmen Nasional yang mengukur kualitas hasil belajar literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas lingkungan belajar di seluruh satuan pendidikan di Indonesia.

“Hasil Asesmen Nasional (AN) ini kami sampaikan sebagai umpan balik dan dasar melakukan Perencanaan Berbasis Data melalui Platform Rapor Pendidikan. Platform Rapor Pendidikan ini menjadi alat bagi satuan pendidikan untuk melakukan proses identifikasi, refleksi, dan benahi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,” tambahnya, dilansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemdikbud.go.id.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini Tampilkan Prof Dr Sulianti Saroso, Berikut Kisahnya yang Inspiratif

Adapun guna mengoptimalkan pemanfaatan platform, Kemendikbudristek terus melakukan evaluasi dengan menjaring masukan dan aspirasi dari para pemangku kepentingan.

Evaluasi ini mendorong Kemendikbudristek melakukan penyempurnaan platform Rapor Pendidikan secara berkelanjutan, sehingga satuan pendidikan memperoleh bantuan yang semakin relevan dalam merencanakan pembenahan.

Kini platform Rapor Pendidikan versi 2.0 telah dirilis dan dapat dimanfaatkan satuan pendidikan, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan dasar, menengah, Sekolah Luar Biasa (SLB), hingga vokasi. Satuan pendidikan dapat menemukan beragam fitur baru.

“Saat ini platform Rapor Pendidikan hadir dengan proses identifikasi lebih ringkas, refleksi akar masalah lebih komprehensif, serta membantu satuan pendidikan untuk melakukan pembenahan dengan beragam inspirasi aksi pembenahan yang lebih mendorong aksi nyata,” ungkap Nino, sapaan akrab Kepala BSKAP Kemendikbudristek.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x