Inmemorial Alm Salim Said: Tokoh Pers, Perfilman, Mantan Duta Besar, Pemikir dan Pejuang Kesenian

- 19 Mei 2024, 11:05 WIB
Meninggal di usia 80 tahun, Salim Said selain sebagai tokoh Pers dan Perfilman mantan duta besar ini juga dikenal pemikir dan pejuang kesenian
Meninggal di usia 80 tahun, Salim Said selain sebagai tokoh Pers dan Perfilman mantan duta besar ini juga dikenal pemikir dan pejuang kesenian /Foto: Dok. Gunoto Saparie/

KARANGANYARNEWS – Salim Said, meninggal dunia di usia 80 tahun. Mantan duta besar ini, selain sebagai tokoh Pers dan Perfilman juga dikenal sebagai pemikir dan pejuang kesenian yang patut diteladani.

Kalangan seniman, budayawan dan insan pers di Indonesia merasa sangat kehilangan atas meninggalnya Salim Said, mantan Ketua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ).

Demikian disampaika Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah Gunoto Saparie kepada wartawan, atas meninggalnya Salim Said di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Sabtu 18 Mei 2024 pukul 19.33 WIB.

Kabar meninggalnya mantan Duta Besar RI untuk Republik Ceko tadi, dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty, dalam pesan singkat yang diterima sejumlah wartawan.

 Baca Juga: Setia Janji Ikatan Cinta Bertabur Harta dan Samawa: 6 Jodoh Weton Minggu Legi, dibalik Misteri Macan Ketawan

Jenazah Salim akan disemayamkan di rumah duka,  Jalan Redaksi Nomor 149, Kompleks Wartawan PWI, Cipinang, Jakarta Timur dan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Minggu, 19 Mei 2024siang.

Menurut Gunoto, ketika menjabat Ketua DKJ selama dua periode (1990-1998) Salim Said dikenal gigih dalam memperjuangkan dana untuk dewan kesenian seluruh Indonesia.

 

Inpres Kesenian

Hal itu ia lakukan, karena posisinya , sebagai Ketua DKJ sekaligus juga menjadi Ketua Badan Kontak Dewan Kesenian se Indonesia. Saat itu, pada tahun 1990-an, lahir instruksi Presiden Soeharto tentang pembinaan kesenian di daerah, dikenal sebagai Inpres Kesenian, di mana hal itu merupakan gagasan dan usulannya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah