10 Kota di Provinsi Banten dan Jawa Barat, Rekomended Disinggahi Saat Mudik

- 25 April 2022, 03:33 WIB
Peta kuliner jalur Lebaran Pulau Jawa
Peta kuliner jalur Lebaran Pulau Jawa /Kementrian Perhubungan RI/

KARANGANYARNEWS - Sepanjang sejarah, Pulau Jawa masih mendominasi sebagai tujuan para perantau mudik. Entah itu pulau Jawa bagian tengah, timur atau barat.

Daerah-daerah yang dilalui di sepanjang jalur mudik di pulau Jawa, membentang luas dari Provinsi Banten hingga Provinsi Jawa Timur.

Daerah-daerah ini bisa ditempuh melalui jalan Tol Trans Jawa maupun jalan nasional, jalan provinsi dan jalan alternative tentunya memiliki banyak pilihan kuliner.

Baca Juga: Inilah 8 Keasyikan Ngabuburit di Dermaga Pelabuhan Jepara

Inilah 10 kota di Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat dengan kuliner khasnya, rekomended menjadi referensi makan ataupun oleh-oleh, saat perjalanan mudik.

Dikulik dari tempatwisataindonesia.id dan Buku Mampir Yuk! Peta Kuliner Jalur Pulau Jawa, diterbitkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan.

  1. Cilegon

Kota industri yang juga dikenal dengan sebutan kota penghasil baja ini, terletak di ujung barat laut, di tepi Selat Sunda, yang memiliki kuliner khas yakni ayam bekakak, nasi gonjleng dan nasi bebek Cibeber.

Baca Juga: Asyiknya Bukber Sambil Menikmati 10 Pesona Waduk Cengklik Park

  1. Serang

Ibukota Provinsi Banten ini memiliki banyak keragaman kuliner, diantaranya ikan bakar, sate bandeng, nasi bakar sumsum, serta rabeg.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x