Miliki Storynomics, Berikut 5 Kekuatan Desa Pecinan Glodok

- 27 Juni 2022, 10:14 WIB
Ragam budaya di Desa Wisata Pecinan Glodok majukan potensi pariwisata
Ragam budaya di Desa Wisata Pecinan Glodok majukan potensi pariwisata /Dokumentasi : kemenparekraf.id/

KARANGANYARNEWS - Desa Wisata Pecinan Glodok, Jakarta Barat, diakui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, memiliki storynomics tourism yang kuat, karena merupakan hasil akulturasi budaya Tionghoa, Sunda, Betawi, serta Jawa. 

Storynomics atau cerita yang akan menarik wisatawan dapat dilihat dari potensi yang merupakan daya tarik wisata budaya dan sejarah yang terlihat nyata, sebut saja berbagai pertunjukan tarian Betawi, wushu, dan lainnya. 

Baca Juga: Desa Wisata Jatiluwih, 8 Keunggulannya hingga Tercatat UNESCO sebagai Warisan Budaya

Berikut 5 kekuatan desa yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2022, dilansir dari Siaran Pers Kemenparekraf, saat kunjungan Menparekraf, Minggu (26/6/2022). 

1. Arsitektur Unik dan Ornamen China

Desa yang terletak di Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Glodok, Jakarta Barat ini, bangunannya sangat khas, yakni  memiliki arsitektur unik, dengan ornamen-ornamen China, sebut saja Pancoran Chinatown Point yang merupakan destinasi baru dan tempat strategis bersejarah di Pusat Kota, yang memadukan bangunan hunian klasik-elegan, dengan area komersial serta Citywalk dan Mal tematik.

2. Pusat Jajanan 

Baca Juga: 8 Asyiknya Arung Jeram di Desa Wisata Buluh Duri

Salah satu pusat jajanan terkenal di kawasan Pancoran Glodok adalah Gang Gloria, yang paling tersohor, yakni Petak Enam, sebuah tempat wisata kuliner yang terletak di Glodok, tepatnya di Gedung Chandra Glodok, dengan bangunan yang memiliki desain dan arsitektur yang unik bernuansa China dengan hiasan lampion merah dan ornamen khas China lainnya.

3. Kesenian Khas

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x