Kasus Covid-19 Melonjak, Presiden Jokowi: PPKM Mikro Kebijakan Paling Tepat

- 24 Juni 2021, 00:05 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pernyataan terkait penanganan Covid-19 di Indonesia pada Rabu, 23 Juni 2021, di Istana Bogor.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pernyataan terkait penanganan Covid-19 di Indonesia pada Rabu, 23 Juni 2021, di Istana Bogor. /Youtube.com/Sekretariat Presiden/

Karanganyarnews - Jumlah kasus Covid-19 tercatat terus melonjak. Berdasarkan data Satgas Covid-19 pada 22 Juni 2021, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia tercatat mencapai angka 2.018.113 kasus.

Menyikapi kondisi itu, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk tetap menerapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro.

"Pemerintah telah memutuskan PPKM mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan Covid-19 hingga ke tingkat desa atau langsung menuju ke akar masalah yaitu komunitas," terang Jokowi dilansir dari Antaranews.com.

Baca Juga: Camat Rancasari Plesiran Saat Kasus Covid-19 Melonjak, Wali Kota Bandung Ancam Beri Sanksi

Menurut Jokowi, penerapan kebijakan itu setelah menerima masukan dari sejumlah kalangan serta memperhitungkan kondisi ekonomi, sosial, dan politik di Indonesia.

"Kenapa pemerintah memutuskan PPKM Mikro? Pemerintah melihat bahwa kebijakan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia menilai kebijakan PPKM Mikro tidak perlu dipertentangkan dengan Lockdown. Karena pada dasarnya memiliki esensi yang sama, yaitu berupa pembatasan.

"Jadi intinya membatasi kegiatan masyarakat, untuk itu tidak perlu dipertentangkan. Jika PPKM Mikro terimplementasi dengan baik, tindakan-tindakan di lapangan yang terus diperkuat, semestinya laju kasus bisa terkendali," ucapnya.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan di Wonosobo, Berawal dari Rem Blong hingga 3 Orang Tewas

Halaman:

Editor: Tyo Santoso

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x