10 Orang Tewas Terseret Ombak Saat Ritual di Pantai Payangan, Begini Kronologi Lengkap dan Daftar Korban

- 13 Februari 2022, 15:29 WIB
Evakuasi korban Pantai Payangan Jember.
Evakuasi korban Pantai Payangan Jember. /Tangkapan layar YouTube Info Update

KARANGANYARNEWS – Sebanyak 10 orang tewas terseret ombak saat melakukan ritual di Pantai Payangan, Watu Ulo, Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur, Minggu (13/2/2022) dini hari.

Mereka merupakan bagian dari  24 orang yang merupakan rombongan Padepokan Jamaah Tunggal Jati Nusantara dari Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi.

“Sebenarnya sudah ada larangan kegiatan di sekitar pantai karena ombak tinggi. Petugas pantai juga memperingat rombongan itu, tapi mereka nekat,” kata Kapolsek Ambulu AKP Makruf dikutip dari Antara.

Baca Juga: Bus Pariwisata Tabrak Tebing di Imogiri, 13 Orang Tewas, Penumpang Terlempar Keluar

Menurut Makruf, ritual diikuti 23 orang sedangkan 1 orang tidak ikut karena merupakan sopir Elf yang mengangkut mereka. Rombongan tiba di Pantai Payangan Sabtu pukul 23.00 WIB.

Selanjutkan, rombongan menggelar ritual dengan jalan bergandengan hingga bibir pantai. Namun, sekitar sejam kemudian ombak datang dan menyeret mereka.

Polisi, TNI, BPBD, dan Tim SAR melakukan upaya pencarian dan penyelamatan. Dari 20 orang yang terseret ombak, 10 orang di antaranya ditemukan tewas, dan seorang belum ditemukan.

Baca Juga: Bus Rombongan Pariwisata asal Sukoharjo Tabrak Tebing dan Roda Lepas, 13 Tewas 11 Luka

Kesepuluh tewas saat ini sudah dibawa ke Puskesmas setempat untuk diidentifikasi. Beberapa dari korban sudah dijemput keluarganya.

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x