8 Partisipasi Forum Anak Trihanggo dalam Gerakan Anti Perundungan, Pelecehan dan Kekerasan

- 15 Maret 2023, 18:35 WIB
45 anak berasal dari 12 Padukuhan di Kalurahan Trihanggo, Gamping, Sleman, terlibat aktif dalam penguatan dan pengembangan kapasitas forum anak
45 anak berasal dari 12 Padukuhan di Kalurahan Trihanggo, Gamping, Sleman, terlibat aktif dalam penguatan dan pengembangan kapasitas forum anak /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS – Sebanyak 45 anak berasal dari 12 padukuhan di Kalurahan Trihanggo, Gamping, Sleman terlibat aktif pada penguatan dan pengembangan kapasitas forum anak, Sabtu hingga Minggu 11-12 Maret 2023.

Keterlibatan perwakilan ini menjadi penanda kalurahan merespon kegiatan anak yang positif agar terhindar dari kekerasan anak di jalanan, pelecehan seksual, buly, body shaming dan kekerasan pada umumnya.

Pentingnya anak bergabung dengan forum anak dimulai dari tingkat kalurahan, kecamatan atau kapanewon, kabupaten dan kota, provinsi dan tingkat nasional.

Baca Juga: 4 Syarat Jadi Penggiat Perlindungan Anak, Salah Satunya Non Diskriminasi

Amanah keterlibatan forum anak, sesuai peraturan menteri perlindungan anak  no 3 tentang Kebijakan Partisipasi Anak dalam Pembangunan, dan  peraturan menteri perlindungan anak no. 4  tentang Petunjuk Pelaksanaan Kebijakan Pasrtisipasi Anak dalam Pembangunan.

Forum Anak ini, merupakan mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak. Forum Anak menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten dan kota, kecamatan, dan desa atau kelurahan dengan keanggotaan dari berbagai kelompok anak.

Penguatan dan pengembangan kapasitas forum anak di Kalurahan Trihanggo difasilitasi oleh Fasilitator Forum Anak Sleman (FORANS) Afgah Magdami,  Arief Wien dan pengantar Wahyudi (Kepala Djawatan Sosial kapanewon Gamping).

Baca Juga: Keren, Inilah 10 Duta Anak Sleman Inspirasi: Digital Aman, Pencegahan Bulying dan Kekerasan Seksual

Kegiatan  merupakan usulan program melalui PUPM Kabupaten Sleman tahun 2023, yang diusulkan kepada Bappeda dan dillaksanakan melalui DP3AP2KB Sleman (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana).

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x