Proses Penyuntingan Antologi Esai Lingkungan Hidup Segera Purna, Inilah Deretan 77 Nama Penulisnya

- 28 Maret 2023, 06:05 WIB
Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie dan Sekretaris Umum Mohammad Agung Ridlo
Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie dan Sekretaris Umum Mohammad Agung Ridlo /Dok. Satupena Jawa Tengah/

KARANGANYARNEWS - Proses penyuntingan dan atau editing buku antologi Esai tentang lingkungan hidup yang digagas serta akan diterbitkan Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena Jawa Tengah, segera selesai.

Buku yang nantinya berjudul 'Bencana: Dari Berbagai Perspektif'  ini, dipastikan memuat 71 Esai karya 71 penulis dari berbagai wilayah. Tidak hanya dari Provinsi Jawa Tengah, namun juga sejumlah provinsi lain di Indonesia.

Ketua Umum Satupena Jawa Tengah Gunoto Saparie didampingi Sekretaris Umum Dr Ir Mohammad Agung Ridlo MT mengatakan, melihat minat para penulis yang ikut menyumbangkan esai tentang lingkungan hidup, dalam buku kompilasi tersebut tentu saja sangat menggembirakan.

Baca Juga: Kekejaman Israel Terus Terjadi, Syeikh Raed AD Ramahi: Palestina Butuh Bantuan Umat Islam Seluruh Dunia

Pasalnya, sebagaimana disebutkan Gunoto Saparie mereka bukan hanya para penulis di bidang sastra, namun demikian juga berlatar berbagai disiplin ilmu.

“Mereka ada yang otodidak tanpa gelar akademik. Namun, ada pula yang bergelar sarjana, magister, dan doktor. Bahkan beberapa orang Guru Besar ikut berpartisipasi,” kata dia di sekretariat Satupena Jawa Tengah Jl. Taman Karonsih I/1082 Semarang.

Terkait hal ini, Mohammad Agung Ridlo menambahkan, tim editor buku itu masih bekerja keras melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa terhadap puluhan naskah yang masuk.

Baca Juga: Acungi Jempol Kinerja Satupena Jawa Tengah, Swary Utami: Kembangkan Literasi untuk Hidup

Cara bekerja mereka, membaca dan menyunting semua naskah satu demi satu secara bergiliran. Pembacaan dan penyuntingan yang dia kerjakan selaku ketua tim editor, belum selesai.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x