Sambut Lailatul Qadar, Keraton Yogyakarta Gelar Tradisi Malem Selikuran

- 13 April 2023, 04:13 WIB
Malem Seliukuran di Keraton Yogyakarta diadakan sebagai tradisi untuk menyambut malam Lailatul Qadar
Malem Seliukuran di Keraton Yogyakarta diadakan sebagai tradisi untuk menyambut malam Lailatul Qadar /Dok. Keraton Yogyakarta/

KARANGANYARNEWS - Menjelang sepertiga terakhir bulan Ramadhan, Keraton Yogyakarta menggelar tradisi Hajad Dalem Malem Selikuran. Prosesi tersebut berlangsung pada hari Selasa, 11 April 2023 atau tiap tanggal 20 bulan Pasa menurut hitungan penanggalan kalender Jawa.

 

 

Bagi umat Islam, Lailatul Qadar adalah momen yang dinantikan saat berpuasa karena disebut lebih mulia dari seribu bulan, yang jatuh pada malam-malam ganjil di 20 hari terakhir bulan Ramadhan

Dilansir KaranganyarNew.com dari @kratonjogja pada Malem Selikuran  tahun 2023 yang diadakan di Keraton Yogyakarta ini, merupakan tradisi untuk menyambut datangnya malam Lailatul Qadar yang akan tiba dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, terutama malam tanggal ganjil.

 Baca Juga: Muslimat Wajib Tahu: Inilah Syariat dan Syarat Kaum Wanita Beriktikab

Pelaksanaan Malem bertempat di Bangsal  Srimanganti Keraton Yogyakarta. Hadir  KPH Wironegoro, KPH Purbodiningrat dan perwakilan Abdi Dalem carik serta kahartakan tiap kawedanan di keraton.

Tradisi Malem Selikuran dipercaya berawal sejak dakwah Wali Sanga  sebagai metode memperkenalkan ajaran agama Islam. Tradisi Malem Selikuran, menggabungkan tradisi Jawa dan ajaran Islam.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x