Bangitkan UMKM, DPMPTSP Wonogiri Gandeng BSI dan Siswa SMKN 1 Wonogiri

- 22 Juni 2022, 21:25 WIB
Kepala DPMPTSP (tengah) menyerahkan data pelaku UMKM kepada Kepala BSI Area Solo Raya
Kepala DPMPTSP (tengah) menyerahkan data pelaku UMKM kepada Kepala BSI Area Solo Raya /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Upaya pemberdayaan UMKM terus dilakukan oleh pemerintah, agar bisa segera bangkit setelah tumbang karena pandemi.

Salah satu upaya pemberdayaan itu adalah dengan menggandeng pihak perbankan, yang dalam hal ini adalah Bank Syariah Indonesia (BSI).

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pun dilakukan antara BSI Area Solo Raya dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Wonogiri serta SMKN 1 Wonogiri, pada Selasa 21 Juni 2022.

Perjanjian kerja sama yang dilakukan di Aula SMKN 1 Wonogiri tersebut dilakukan oleh manajer area BSI Solo Raya Hari Nopa Kurniawan, Kepala DPMPTSP Eko Subagyo, dan Kepala SMKN 1 Gunarsi.

Baca Juga: Ajak UMKM Berkembang, Kali Pepe Land Gelar Pasar Tumpah di Tiap Hari Libur

“Kegiatan ini adalah keberpihakan BSI untuk mengembangkan UMKM. Sebab, UMKM di era pasca pandemi perlu dikembangkan lagi, di-scale up agar bisa naik kelas. Bagi yang belum bisa naik kelas, tentu perlu pendampingan lagi dan perlu diberi pelatihan-pelatihan agar menjadi UMKM tangguh,” kata Hari Nopa usai kepeda media, usai tanda tangan MoU.

Terkait pemberdayaan UMKM, lanjut dia, BSI Solo Raya telah menyalurkan pembiayaan sekitar Rp 621 miliar, tumbuh 9% dari tahun sebelumnya. Menurut dia, tentu saja hal itu perlu didukung, yakni dengan akses UMKM yang sudah layak atau bankable ke BSI.

“Dalam melakukan pendataan UMKM dan jembatan ke perbankan tentu saja butuh kerja sama dengan pihak pihak mitra. Di sini ada DPMPTSP dan SMK Negeri 1,” kata Hari Nopa.

Baca Juga: Digitalisasi Pelayanan BPR Melalui Platform UMKM Bangkit

Baik Kepala DPMPTSP Wonogiri Eko Subagyo maupun Kepala SMKN 1 Gunarsi menyambut baik kerja sama dengan BSI. Subagyo mengatakan, ada empat langkah yang dilakukan Pemkab terhadap UMKM di Wonogiri sesuai arahan presiden dan bupati. Yakni pendataan UMKM sampai ke level RT, input data, akses perbankan, dan pemberdayaan.

“Untuk pendataan dan input data, kita bekerja sama dengan SMK Negeri 1 dengan menerjunkan para siswa yang sedang prakerin atau magang. Untuk akses perbankan salah satunya kita kerja sama dengan BSI, dan pemberdayan kita melakukan pelatihan dan pendampingan,” kata dia.

Kepala SMKN 1 Gunarsi mengatakan, ada 114 siswa yang melaksanakan prakerin yang bekerja sama dengan DPMPTSP dan Bank Syariah Indonesia. Dia berharap, kerja sama yang baik antara SMKN 1, DPMPTSP, dan BSI itu bisa berkelanjutan.***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x