Ritual Malam 1 Suro, Warga Lereng Merapi Arak Kepala Kerbau ke Puncak Gunung

- 30 Juli 2022, 23:18 WIB
Masyarakat lereng Merapi melakukan ritual malam 1 suro dengan mengarak kepala kerbau menuju puncak gunung pada Jumat, 29 Juli 2022 malam. (Foto: Dok. Istimewa/jaka)
Masyarakat lereng Merapi melakukan ritual malam 1 suro dengan mengarak kepala kerbau menuju puncak gunung pada Jumat, 29 Juli 2022 malam. (Foto: Dok. Istimewa/jaka) /

KARANGANYARNEWS - Berbagai cara dilakukan warga untuk menyambut Tahun Baru Islam atau malam 1 Suro dalam penanggalan Jawa.

Sebagaimana dilakukan masyarakat lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali.

Mereka melakukan tradisi sedekah gunung pada Jumat, 29 Juli 2022 malam. Tradisi ini digelar kembali setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Pantauan di lokasi acara, nasi tumpeng, sesaji serta kepala kerbau sebelum diarak ke puncak Merapi, terlebih dahulu didoakan tokoh masyarakat setempat.

Baca Juga: Cerita Horor Rumah Sisik dari JeroPoint, Ini Link dan Sinopsisnya

Dalam prosesi sedekah Gunung Merapi, ratusan masyarakat tumpah ruah di lokasi acara guna menyaksikan ritual tahunan itu. 

Tradisi diawali kirab kepala kerbau dari Dusun Temusari menuju Joglo Mandala I. Selain kepala kerbau, turut diarak pula berbagai macam hasil bumi dan sejumlah tumpeng pengiring.

"Merupakan tradisi yang tidak bakal ditinggalkan masyarakat karena masyarakat sangat meyakini bahwa dengan melakukan ritual tersebut, maka masyarakat yang bermukim di sini akan diberi keberkahan," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali, Supana.

Sementara itu, Sekretaris Desa Lencoh, Suwarno, mengungkapkan selain untuk meminta keberkahan, tradisi ini juga sebagai permohonan keselamatan kepada Tuhan dari berbagai bencana.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x