PKUB Desa dan Kelurahan, Rollmodel Merawat Kerukunan dalam Keragaman Umat Beragama

- 26 Februari 2023, 21:05 WIB
Ketua FKUB Kabupaten Klaten KH Syamsuddin Asyrofi dan Camat Wahyuni Sri Rahayu, beserta Forkompimcam dan anggota PKUB se Kecamatan Jatinom
Ketua FKUB Kabupaten Klaten KH Syamsuddin Asyrofi dan Camat Wahyuni Sri Rahayu, beserta Forkompimcam dan anggota PKUB se Kecamatan Jatinom /Dok FKUB Klaten/

 

KARANGANYARNEWS - Keberadaan Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Desa dan atau Kelurahan merupakan rollmodel dalam merawat kerukunan antar  umat beragama di tengah masyarakat.         

Demikian disampaikan Ketua  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten, KH Syamsuddin Asyrofi dalam pembinaan PKUB Kecamatan, Desa dan Kelurahan  di aula kantor  Kecamatan  Jatinom.     

Camat Jatinom, Kabupaten Klaten, Wahyuni Sri Rahayu mengatakan, untuk penguatan PKUB Desa dan Kelurahan di wilayahnya sangat diperlukan pembinaan dan pendampingan. Baik kepada PKUB Kecamatan, demikian juga PKUB   Desa atau Kelurahan  yang belum lama ini dikukuhkan.

Baca Juga: Tradisi Yaqowiyu di Jatinom Menginspirasi Terwujudnya Desa Sadar Kerukunan Berbasis Budaya

Menurutnya, PKUB merupakan wadah berhimpunnya para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat yang ada di setiap Desa atau Kelurahan, sebagai sarana  untuk merawat kerukunan. Itulah sebabnya, PKUB menjadi  pionir dan pemrakarsa  merawat kerukunan.

"Kecamatan Jatinom sebagai daerah yang sarat dengan budaya  saat ini sedang menggerakkan masyarakat dalam mewujudkan Desa atau  Kelurahan Sadar Kerukunan Berbasis Budaya. Sudah barang pasti, membutuhkan masyarakat yang kondusif dan rukun," katanya.                                        

Diperoleh keterangan, sebelumnya FKUB Kabupaten Klaten juga sudah melakukan pembinaan serupa di Kecamatan Klaten Utara,  Ceper,  Gantiwarno,  Prambanan,  Cawas dan Polanharjo.

Baca Juga: Road Show FKUB Klaten, Perkuat dan Bina PKUB Desa Serta Kelurahan

Menurut Ketua FKUB Kabupaten Klate, PKUB menjadi forum yang langsung menjangkau masyarakat, sebagai garda terdepan dalam mewujudkan, menjaga dan merawat kerukunan umat beragama.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x