Selamat! Gibran Dapat Gelar Ningrat dari Mangkunegaran

- 1 Maret 2023, 19:34 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima gelar ningrat Kanjeng Pangeran Haryo dari KGPAA Mangkunegara X, Rabu, 1 Maret 2023. (Foto: Dok. Istimewa)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima gelar ningrat Kanjeng Pangeran Haryo dari KGPAA Mangkunegara X, Rabu, 1 Maret 2023. (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Selamat! Gibran Dapat Gelar Ningrat dari Mangkunegaran. Peringatan kenaikan takhta KGPAA Mangkunegara X dilaksanakan di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran, Rabu, 1 Maret 2023.

Pada peringatan kenaikan takhta pertama ini, penguasa Mangkunegaran itu juga memberikan gelar pada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Dalam upacara peringatan kenaikan takhta atau disebut Tingalan Wiyosan Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunegara X pertama ini disertai Bedaya Anglir Mendung.

Tarian sakral dari Pura Mangkunegaran itu hanya ditarikan saat-saat tertentu saja, seperti upacara kenaikan takhta hingga peringatan kenaikan takhta.

Baca Juga: Pusat Buku Bekas di Solo, Bu Sri Siap Manjakan para Kolektor

Tarian ini diiringi gamelan Kyai Kenyut Mesem. Tarian ditarikan tujuh orang penari ini dibawakan selama 45 menit.

Usai tarian berakhir, KGPAA Mangkunegara X memberikan sabdanya. Ia membacakan sabda ini di depan para tamu undangan, kerabat dalem, abdi dalem hingga projo yang hadir dalam acara.

"Bersama-sama kita menjaga kebudayaan sesuai falsafah Tri Dharma Mangkunegara. Keberhasilan adalah motivasi bagi kita semua untuk mengembangkan Projo Mangkunegara sesuai dengan induk kebudayaan yang terus berkembang dalam kebudayaan bangsa, khususnya kebudayaan Jawa," katanya.

Baca Juga: Kaesang Paling Top of Mind Gantikan Gibran jadi Wali Kota Solo?

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x