Gunung Merapi Hari Ini Semburkan Awan Panas Lagi, 3 Kecamatan di Boyolali Diguyur Hujan Abu Pekat

- 14 Maret 2023, 20:03 WIB
Gunung Merapi hari ini kembali menyemburkan awan panas. Akibatnya, tiga kecamatan di Kabupaten Boyolali diguyur hujan abu vulkanik.
Gunung Merapi hari ini kembali menyemburkan awan panas. Akibatnya, tiga kecamatan di Kabupaten Boyolali diguyur hujan abu vulkanik. /

KARANGANYARNEWS - Gunung Merapi Hari Ini Semburkan Awan Panas Lagi, 3 Kecamatan di Boyolali Diguyur Hujan Abu Pekat. Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali menyemburkan dua kali guguran awan panas, Selasa pagi, 14 Maret 2023. Akibatnya tiga kecamatan di Boyolali diguyur hujan abu vulkanik.

Guguran awan panas terjadi pukul 05.50 WIB dan 05.59 WIB dengan amplitudo 70 milimeter, durasi 160 detik, dan jarak luncur 2000 meter mengarah ke Kali Krasak, arah angin bertiup ke Tenggara. 

Di wilayah Boyolali, guguran awan panas mengakibatkan hujan abu vulkanik di tiga kecamatan, yakni Tamansari, Musuk, dan Cepogo. 

Baca Juga: Gunung Merapi Hari Ini Luncurkan Awan Panas, 3 Desa di Boyolali Diguyur Hujan Abu

Di Desa Mriyan, Kecamatan Tamansari abu nampak jelas pada tanaman pertanian milik warga, genting rumah serta jalan perkampungan.

Menurut keterangan warga setempat, Tenang Rahayu, hujan abu terjadi pada pagi hari pukul 07.00 WIB dan berlangsung cukup lama sekira 30 menit.

“Tadi pagi pagi hujan abu tipis dari erupsi Gunung Merapi. Informasinya terjadi dua kali letupan Merapi,” katanya kepada wartawan.

Baca Juga: Ritual Malam 1 Suro, Warga Lereng Merapi Arak Kepala Kerbau ke Puncak Gunung

Hujan abu kali ini sampai menutupi genting rumah serta tanaman di ladang, namun tak separah tiga desa di Kecamatan Selo.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x