PKUB Desa dan Kelurahan Menginspirasi Kabupaten lain Dalam Merawat Kerukunan

- 15 Maret 2023, 18:45 WIB
Peserta pembinaan PKUB Kecamatan, desa dan kelurahan se Kecamatan Jogonalan, bersama pengurus FKUB Kabupaten Klaten dan Forkompincam Jogonalan
Peserta pembinaan PKUB Kecamatan, desa dan kelurahan se Kecamatan Jogonalan, bersama pengurus FKUB Kabupaten Klaten dan Forkompincam Jogonalan /Dok. FKUB Klaten/

KARANGANYARNEWS - Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB)  Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Klaten  menginspirasi kabupaten lain di Indonesia,  sebagai sarana merawat kerukunan antar  umat beragama dalam  masyarakat.         

Demikian disampaikan Ketua  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten KH Syamsuddin Asyrofi dalam acara pembinaan PKUB Kecamatan, desa dan kelurahan di aula kantor  Kecamatan  Jogonalan, Selasa 14 Maret 2023.     

Dalam acara yang sama Camat Jogonalan Sutopo, SIP. M.Si  Kabupaten Klaten  mengatakan, untuk penguatan PKUB di wilayahnya sangat diperlukan  pembinaan dan pendampinganFKUB kabupaten.

Baca Juga: Study Komparasi ke Klaten: Ketua FKUB Banjarnegara Tanyakan Strategi dan Anggaran Pembentukan PKUB

Menurutnya PKUB Desa dan Kelurahan merupakan wadah berhimpunnya para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat yang ada di setiap Desa dan  Kelurahan di Jogonalan.

Dikatakan, para tokoh agama dan tokoh masyarakat  tadi menjadi penggerak bagi masyarakat dalam merawat kerukunan di desa dan kelurahan mereka masing-masing. Itulah sebabnya, PKUB di masyarakat menjadi  penggerak dan pemrakarsa  dalam merawat kerukunan.

"Kecamatan Jogonalan  sebagai daerah yang heterogen upaya merawat kerukunan terus dilakukan melalui tokoh lintas agama.  Itulah sebabnya semua pihak didorong untuk menggerakkan masyarakat, mewujudkan  masyarakat  sadar kerukunan," katanya. 

Baca Juga: PKUB Desa dan Kelurahan, Rollmodel Merawat Kerukunan dalam Keragaman Umat Beragama                                      

Camat  Jogonalan  menyambut baik dan senang dengan kehadiran   pengurus FKUB Kabupaten  Klaten, untuk agenda pembinaan dan forum dialog dengan  PKUB Kecamatan dan PKUB Desa di wilayahnya.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x