5 Masjid Bersejarah di Solo Cocok buat Wisata Ramadan, Ada yang sempat Dilarang Belanda

- 6 April 2023, 17:00 WIB
5 masjid bersejarah di Solo yang cocok buat wisata Ramadan, ada yang sempat dilarang Belanda. Masjid Agung Surakarta menjadi salah satu bangunan tertua di Kota Solo. (Foto: Istimewa/Dicky)
5 masjid bersejarah di Solo yang cocok buat wisata Ramadan, ada yang sempat dilarang Belanda. Masjid Agung Surakarta menjadi salah satu bangunan tertua di Kota Solo. (Foto: Istimewa/Dicky) /

KARANGANYARNEWS - 5 Masjid Bersejarah di Solo Cocok buat Wisata Ramadan, Ada yang sempat Dilarang Belanda. Kota Solo memiliki berbagai destinasi wisata yang beraneka ragam, mulai dari kuliner, sejarah, hingga religi. Tak kalah menarik, wisata sejarah dengan balutan religi juga ditawarkan Kota Bengawan. Beberapa masjid di wilayah ini memiliki bangunan yang sudah berdiri puluhan, bahkan ratusan tahun.

 

Nah, jika kamu sedang mencari referensi wisata sejarah dengan balutan religi, berikut daftar lima masjid bersejarah di Solo yang bisa dikunjungi, dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Masjid Indah nan Instagrammable di Solo yang Cocok buat Wisata Religi Ramadan

  1. Masjid Al Wustho

Masjid Al Wustho dibangun Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPA) Mangkunegaran I pada 1878.

Bangunan masjid ini terdiri atas tiga joglo bertingkat yang memiliki makna filosofis iman, Islam, dan ihsan.

Masjid Al Wustho bergaya arsitektur Jawa dengan atap teras menggunakan limas serta atap tupang bersusun untuk ruang utama. 

Selain itu, masjid ini memiliki markis, semacam gapura pintu utama menuju teras dihias dengan kaligrafi.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah