Jaten Bakal Jadi Desa Wisata Budaya, Ini Dia Jadwal Kegiatannya

- 1 Juni 2023, 12:51 WIB
Prasasti di Monumen Jaten sebagai tanda Ibu Tien pernah tinggal disini
Prasasti di Monumen Jaten sebagai tanda Ibu Tien pernah tinggal disini /Astrid Setya/

KARANGANYARNEWS - Jaten Bakal Jadi Desa Wisata Budaya, Ini Dia Jadwal Kegiatannya. RW 23 Desa Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar menggelar kegiatan Car Free Day dan kegiatan budaya berupa pementasan dalang bocah. Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Mei 2023 dari jam 06.00 WIB hingga 09.00 WIB , berlokasi di jalan Dusun Bulu – Sawahan, Desa Jaten.

Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk mencari solusi permasalahan Tempat Pembuangan Sampah Sementara dan juga pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Jaten. Ke depannya, para pemuda desa ingin mewujudkan Desa Jaten sebagai Desa Wisata Budaya.

Rangkaian kegiatan Car Free Day Desa Jaten diawali dengan kegiatan senam bersama yang diikuti puluhan pengunjung, kemudian dilanjutkan dengan pementasan dalang bocah dari Sanggar Madhangkara pimpinan Ki Dalang Cahyo Kuntadi.

Baca Juga: 5 Wisata Air di Kulon Progo Paling Eksotis, Bikin Betah Nggak Pingin Pulang

Terdapat 7 dalang bocah yang di bimbing oleh Ki Dalang Gendut Berijasah yang ikut memeriahkan pementasan dalang bocah. Para dalang tersebut antara lain Ki Brama Kesawa, Ki Gelar Pamayang, Ki Grignon Damara Aprilio, Ki Dayyan Juan Murtadho, Ki Adam Ichsan, Ki Gibran Maheswara, dan Nyi Clara Acintya Yufi.

Menurut ketua pelaksana, Yuyun Arbiyanto Nugroho, Selain pementasan dalang bocah, kegiatan yang diprakarsai olah Ketua RW 23 dan Ketua RW Dusun Sawahan tersebut juga ada lomba mancing untuk anak-anak serta puluhan pedagang dan UMKM dari warga Desa setempat.

“Kegiatan Car Free Day Desa Jaten ini sebenarnya sudah diselenggarakan sejak bulan Maret 2023. Selain bazar UMKM dari warga Desa Jaten, untuk meningkatkan daya tarik pengunjung 1 bulan sekali akan diadakan pentas seni budaya Wayangan dengan Dalang Cilik dari Sanggar Seni Madangkara, Senam Sehat Masal, Lomba untuk Anak-anak serta cek kesehatan gratis yang digilir bergantian tiap Minggunya,” kata Yuyun melalui keterangannya.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x