Jaring 14 Nama buat Maju Pilkada Solo, PKS bakal Koalisi dengan Golkar dan PDIP?

- 27 Mei 2024, 22:00 WIB
PKS telah melakukan penjaringan internal dan menyerap aspirasi kader menjelang pilkada Solo 2024. Selanjutnya, PKS berencana melakukan safari politik ke beberapa partai. (Foto ilustrasi: Unsplash/Arnaud-Jaegers)
PKS telah melakukan penjaringan internal dan menyerap aspirasi kader menjelang pilkada Solo 2024. Selanjutnya, PKS berencana melakukan safari politik ke beberapa partai. (Foto ilustrasi: Unsplash/Arnaud-Jaegers) /

KARANGANYARNEWS - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melakukan proses penjaringan internal dan eksternal, termasuk menyerap aspirasi kader menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. Selanjutnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Solo berencana melakukan safari politik ke sejumlah partai. 

Agenda ini sebagai bentuk persiapan dan penjajakan menjelang pilkada Kota Solo, 27 November 2024 mendatang. Ketua DPD PKS Solo, Daryono, menyebut ada 14 nama masuk dalam penjaringan PKS, berasal dari internal maupun eksternal partai. 
 
Tujuh nama dari internal partai, yakni Ketua Bidang Politik PKS Solo Abdul Kadir Audah, Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Solo Sugeng Riyanto, Ketua PKS Solo Daryono, perwakilan tokoh muda PKS Syaifulhaq Mayyazi, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PKS Solo Didik Hermawan, Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Jawa Tengah Abdul Ghofar Ismail, dan Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Solo Asih Sunjoto Putro. 
 
 
Sementara dari eksternal atau luar partai, ada nama Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, KGPAA Mangkunegara X, Ketua DPD Partai Golkar Solo Sekar Tandjung, Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Mashuri, Ketua Majelis Tafsir Alquran (MTA) Nur Khalid Syaifullah, Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Sofyan Anif serta pengacara M Taufiq. 
 
"Nama-nama ini yang muncul dalam penjaringan kami. Ada yang dari kader internal, ada pula dari tokoh-tokoh eksternal," kata Daryono dalam sesi jumpa pers di Kantor DPD PKS Solo, Senin, 27 Mei 2024.
 
Usai tahap penjaringan, PKS berencana menggelar safari politik ke sejumlah partai. Safari dilakukan terutama ke partai-partai yang nama kadernya muncul dalam penjaringan. 
 
 
"Insyaa Allah kami akan mulai besok untuk safari politiknya. Kami sudah mulai mengirimkan surat ke partai politik yang bersangkutan. Kami utamakan ke partai-partai yang namanya muncul dalam penjaringan," ungkap Daryono.  
 
Ada dua partai nama kadernya muncul dari penjaringan PKS, yakni Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa yang juga menjabat Sekretaris DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Selain itu ada nama Sekar Tandjung yang merupakan Ketua DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Solo. 
 
"Kalau dari PDIP kami sudah dapat waktu, sementara untuk Partai Golkar kami baru bersurat," kata Daryono. 
 
 
Selain kedua partai ini, PKS juga berencana melakukan silaturahmi dengan beberapa tokoh yang namanya muncul dalam penjaringan, salah satunya KGPAA Mangkunegara X. 
 
"Termasuk Gusti Bhre (nama kecil KGPAA Mangkunegara X), kami akan silaturahmi dengan beliau, baru kemudian konfirmasi ke partai-partai yang mengusung beliau," pungkas Daryono. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah