Ini Fungsi Focal Length Kamera HP yang Tak Banyak Orang Tahu

- 26 Agustus 2021, 14:13 WIB
Focal Length atau sering disebut jarak fokus lensa sangat berguna untuk menentukan seberapa jauh atau lebar kemampuan lensa kamera HP saat memotret. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Free-Photos)
Focal Length atau sering disebut jarak fokus lensa sangat berguna untuk menentukan seberapa jauh atau lebar kemampuan lensa kamera HP saat memotret. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Free-Photos) /

KARANGANYARNEWS - Focal Length (jarak fokal lensa) atau sering disebut jarak fokus lensa sangat berguna untuk menentukan seberapa jauh atau lebar kemampuan lensa saat memotret. Dari jarak fokal lensa inilah kemudian muncul istilah lensa wide, lensa normal dan lensa tele.

Pada dasarnya, focal length merupakan jarak dari sensor ke titik api lensa yang dinyatakan dalam satuan milimeter (mm). Semakin panjang fokalnya, ukuran lensanya juga akan semakin panjang (lensa tele).

Mengutip siaran pers Seqara Communications, Kamis, 26 Agustus 2021, fokal lensa juga berkaitan dengan Angle of View. Semakin pendek fokalnya, makin luas bidang gambar yang bisa masuk frame foto. Kita biasa menyebutnya sudut lebar alias wide angle dengan satuan derajat.

Baca Juga: Beredar Hoaks Kartu Nikah, Ini Penampakan Kartu Nikah Digital Kemenag

Nah, kamera smartphone pun memiliki focal length yang bisa kamu ketahui dari spesifikasi yang disertakan.

Panjang fokus atau focal length menentukan ruang pandang dan perbesaran.

Sebenarnya, focal length di sebagian besar kamera telepon seluler (Ponsel) cerdas tidak terlalu berguna bagi orang yang akrab dengan istilah fotografi sebab sensornya yang cukup kecil.

Selain itu, sering kali kita menemui tulisan focal length setara 35mm.

Kesetaraan ini artinya seberapa panjang fokus yang perlu dimiliki lensa kamera apabila ingin menghasilkan gambar setingkat kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) dengan sensor format 35mm.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x