5 Destinasi Wisata Berkelanjutan, di Wilayah Borobodur, Ini Rekomendasinya

- 28 Juni 2022, 13:51 WIB
Gereja Ayam salah satu destinsasi wisata di area BOB
Gereja Ayam salah satu destinsasi wisata di area BOB /Instagram @bukitrhema/

KARANGANYARNEWS - Badan Otorita Borobudur atau BOB belum lama ini mengembangkan Zona Otorita, sebagai destinasi wisata dengan total luas 309 hektar.

Destinasi wisata ini merupakan kawasan pariwisata eksklusif bernuansa alam, mengusung konsep kelestarian serta keramahan alam.

Dibentuk sejak 2018,  BOB merupakan realisasi Peraturan Presiden tentang Pembentukan Badan Otoritas Pariwisata Borobudur, yang bertujuan untuk menggenjot pariwisata.

Serta bertujuan meningkatkan ekonomi kreatif di kawasan candi, serta menjaga kelestarian situs warisan dunia, yang menjadi rekomendasi. 

Baca Juga: Desa Wisata Jatiluwih, 8 Keunggulannya hingga Tercatat UNESCO sebagai Warisan Budaya

Area Badan Otorita Borobudur meliputi Magelang, Yogyakarta, Surakarta, Salatiga, dan Semarang, dimana di sekitar area BOB terdapat beberapa destinasi wisata.

Destinasi wisata area Badan Otorita Borobudur ini mengusung konsep sustainable tourism, atau pariwisata berkelanjutan. 

Berikut rekomendasi 5 destinasi wisata berkelanjutan dalam area Badan Otorita Borobudur, dilansir dari Siaran Pers Kemenparekraf. 

1. Kebun Buah Langka Sedayu

Kebun buah yang telah dikembangkan sejak 2012 ini merupakan destinasi wisata perkebunan di Yogyakarta, dengan 350 tanaman buah langka, seperti jambu stroberi, tanaman unik dari Amerika Selatan, berwarna merah menyala serta memiliki rasa asam.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x