Klenteng Sam Poo Kong, Tempat Wisata Keren di Semarang Kaya Nilai Toleransi

- 12 Februari 2023, 19:05 WIB
Klenteng Sam Poo Kong, salah satu tempat wisata keren di Semarang yang kaya nilai toleransi. Klenteng ini jadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan. (Foto: Istimewa)
Klenteng Sam Poo Kong, salah satu tempat wisata keren di Semarang yang kaya nilai toleransi. Klenteng ini jadi salah satu tempat wisata favorit wisatawan. (Foto: Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Klenteng Sam Poo Kong, Tempat Wisata Keren di Semarang Kaya Nilai Toleransi. Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu tempat wisata favorit di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Sama seperti klenteng di tempat lain, Klenteng Sam Poo Kong juga masih digunakan sebagai tempat ibadah bagi masyarakat Khonghucu.

Sebagai tempat ibadah dan tujuan wisata, para wisatawan diizinkan untuk berkunjung serta mempelajari segala hal tentang lokasi tempat ibadah dan prosesi keagamaan Khonghucu.

Bukan hanya sekadar tempat wisata, keberadaan Klenteng Sam Poo Kong yang terbuka untuk umum juga dapat meningkatkan toleransi antarumat beragama.

Baca Juga: Pasar Klithikan Notoharjo, Surga Belanja Barang Bekas di Kota Solo

Ya, di sini umat beragama lain dapat menghargai eksistensi masyarakat Khonghucu.

Di kompleks Klenteng Sam Poo Kong terdapat lima tempat ibadah, yakni Klenteng Sam Poo Tay Djien, Klenteng Dewa Bumi, Klenteng Kyai Juru Mudi, Klenteng Kyai Jangkar, dan Klenteng Kyai Tumpeng.

Sementara jika dilihat dari arsitekturnya, Klenteng Sam Poo Kong menggambarkan perpaduan antara budaya Tionghoa dan Jawa.

Jika menilik sejarah, keberadaan klenteng ini tidak terlepas dari datangnya warga Tiongkok ke tanah Jawa.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x