Jangan Salah Pilih: Inilah Citarasa dan Ciri Khas Durian Bawor Kalibawang, Kulon Progo

- 26 Februari 2023, 15:55 WIB
Durian bawor khas Kalibawang, Kulon Progo. Tak hanya buahnya yang lebih besar, citarasa dan aroma juga benar-benar istimewa
Durian bawor khas Kalibawang, Kulon Progo. Tak hanya buahnya yang lebih besar, citarasa dan aroma juga benar-benar istimewa /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS - Menyusuri jalan berliku dan melihat langsung pemandangan alam membentang luas. Udara segar dapat kita nikmati dari  candi Borobudur  melewati jalan  pintas menuju Kalibawang, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tepat berada di kanan kiri jalan sebelum pasar Dekso Kalibawang, bau menyengat buah durian terasa di sepanjang jalan. Kenikmatan buah durian,  bagi pecintanya memang mengalahkan kenikmatan  lainnya.

Seperti saat ini, sejak awal tahun 2023 buah durian yang berada di Kalibawang, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi buruan pecinta buah durian.

Baca Juga: Hanya Ada di Turi, Sleman: 3 Varian Salak Paling Rekomended, Wajib Dicicipi dan Dijadikan Buah Tangan

Pasalnya, hampir semua masyarakat yang tinggal di Kalibawang memiliki pohon durian yang berusia puluhan tahun, bulan ini masyarakat setempat mulai panen raya buah durian. 

Durian jenis bawor ini  dikenal karena kenikmatan dan kelezatan, dengan warna kekuningan, isi sangat tebal dan kualitas rasa dapat dibandingkan dengan jenis durian lainnya 

Belum lama ini, KaranganyarNews.com singgah  di kedai durian Nanang, 43 tahun petani yang juga pemilik pohon di kebunnya. Panen durian tahun ini,   menurut Danang hasilnya lebih memuaskan di banding panenan tahun lalu.

Baca Juga: 4 Destinasi Pantai Putih di Bantul: Unik, Eksotik dan Instagramable

Durian yang tertata di atas papan depan yang berjajar sepanjang jalan utama Kalibawang, tak lain hasil panenan warga setempat. Walaupun stoknya terbatas, minat para penikmat durian yang datang langsung ke lokasi pun sangat tinggi.  

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x