Heroisme Burung Garuda di Candi Kidal, Menginspirasi Cita-cita Luhur Nenek Moyang Bangsa Indonesia

- 3 Maret 2023, 15:35 WIB
Candi Kidal di Dusun Krajan, Desa Rejo Kidul, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Candi Kidal di Dusun Krajan, Desa Rejo Kidul, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur /BPCB Jawa Timur/

KARANGANYARNEWS - Kisah heroisme Burung Garuda membebaskan perbudakan yang diderita ibunda tercintanya, sebagaimana tereksplorasi pada Candi Kidal, selain diadopsi para 'founding father' juga menjadi cita-cita luhur nenek moyang bangsa Indonesia.

Candi Kidal terletak di Dusun Krajan, Desa Rejo Kidul, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Candi Kidal, candi Hindu (Siwa) yang dibangun untuk memuliakan atau mengenang Raja Anusapati. Raja kedua kerajaan Singasari, meninggal tahun 1248 Masehi.

Candi Kidal menghadap ke barat, dilengkapi tangga masuk ke bilik candi. Denah bangunannya berbentuk segi empat, dengan gaya Jawa Timur yang menonjol, bentuk bangunan candi yang tinggi dan ramping.

Baca Juga: Menginspirasi Stadion Kanjuruhan dan Gajayana, Inilah Misteri Arkeologi Dibalik Candi Badut

Di atas pintu masuk candi Kidal dihiasi kepala Kala, begitu pula pada relung-relungnya. Atap Candi Kidal sebagian telah rusak, kemungkinan besar atap Candi Kidal berbentuk kubus, seperti lazimnya candi-candi di Jawa Timur.

Sebagaimana tertulis dalam Kitab Negarakertagama karya Mpu Prapanca dari Majapahit, Bathara Anusanatha (Raja Anusapati) didharnakan di Kidal dan diwujudkan sebagai arca Siwa. Namun demikian, sekarang arca tersebut sudah tidak ditemukan pada bilik utama candi.

Nama “Kidal” yang memiliki arti kiri, mengandung dua pengertian. Pertama, Raja Anusapati adalah pengikut aliran Siwa yang menyimpang dari ajaran Siwa.

Baca Juga: Test Keperawanan di Candi Sukuh, Akurat Tanpa Bantuan Medis

Hal itu tampak pada pemilihan relief cerita pada Candi Kidal yang lebih memilih cerita Garudeya, cerita yang popular di kalangan penganut aliran Wisnu, daripada memilih relef certita yang bertema Siwa.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x