5 Desa Wisata Lereng Gunung Merapi, Rekomended untuk Berlibur dan Menginap Bersama Keluarga

- 5 Maret 2023, 15:05 WIB
Sungai jernih di desa wisata Sambi, menjadi daya tarik tersendiri bagi keluarga dan wisatawan yang datang dan berkunjung
Sungai jernih di desa wisata Sambi, menjadi daya tarik tersendiri bagi keluarga dan wisatawan yang datang dan berkunjung /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS - Menikmati lanskap eksotiknya di lereng Gunung Merapi, dengan  kesegaran udara dan panorama alam yang masih alami dikelilingi pepohonan menjulang tinggi dan keramahan masyarakatnya, sungguh kenyamanan dan ketenteraman yang didambakan semua orang.

Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki puluhan  desa wisata yang  tersebar di hampir seluruh daerahnya. Di wilayah utara,  berhadapan lanskap elok eksotiknya kemegahan Gunung Merapi beserta agrowisata buahnya.

Di Kabupaten Sleman wilayah timur, berdampingan destinasi wisata sejarah dan kepurbakalaan. Seperti diantaranya Candi Prambanan, Candi Sambirejo, dan lainnya.

Baca Juga: Unik Nan Legendaris: Inilah 6 Jalan dan Tempat, Membuat Setiap Orang Move On Yogyakarta

Sementara di wilayah barat, berdampingan dengan area hamparan luas  pertanian. Dan di wilayah selatan, ditemukan desa wisata yang berada di dekat Ssitus Keraton Ambar Ketawang.

Semua desa wisata di Kabupaten Sleman, dikelola langsung masyarakat setempat. Sejumlah desa wisata tadi, merupakan destinasi yang lebih  mengedepankan peran masyarakat lokal sebagai penerima manfaat.

Bentuk wisata ini dikelola langsung oleh komunitas yang berkontribusi terhadap kesejahteraan, dengan prioritas melindungi sumber daya warisan alam dan budaya masyarakat setempat.

Baca Juga: Heroisme Burung Garuda di Candi Kidal, Menginspirasi Cita-cita Luhur Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Masing-masing desa wisata memiliki corak dan karakteristik tersendiri, sebagaimana hasil investigasi KaranganyarNews.com baru-baru ini, ditemukan beberapa desa wisata yang sangat cocok sebai tempat refreshing atau berlibur bersama keluarga, komunitas atau teruntuk aktifitas pendidikan.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x