Sisi Lain Keunikan Candi Kalasan, Bukti Toleransi Beragama Nenek Moyang Masyarakat Jawa

- 5 Maret 2023, 16:35 WIB
Candi Kalasan, bangunan monumental agama Buddha  salah satu bukti tolernsi beragama telah dilakukan masyarakat Jawa Kuno
Candi Kalasan, bangunan monumental agama Buddha salah satu bukti tolernsi beragama telah dilakukan masyarakat Jawa Kuno /BPCB Jogja/

KARANGANYARNEWS– Sebuah kenyataan pahit, toleransi umat beragama di Indonesia masih jauh dari harapan banyak pihak. Menurut laporan tahunan yang dirilis Setara Institute, tercatat terjadi 175 peristiwa dengan 333 pelanggaran KKB di Indonesia di tahun 2022.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan upaya toleransi yang telah dilakukan masyarakat Jawa Kuno berabad silam.  Salah satu bukti tolernsi beragama masyarakat Jawa Kuno, bangunan monumental berbentuk bangunan suci agama Buddha yaitu Candi Kalasan.

Pada  Candi peninggalan kebesaran Agama Buddha inilah kita menemukan rekam jejak bukti toleransi antar umat beragama yang kuat di tanah Jawa, baik di kalangan para penguasanya maupun rakyat jelata. 

Baca Juga: 5 Desa Wisata Lereng Gunung Merapi, Rekomended untuk Berlibur dan Menginap Bersama Keluarga

Candi Kalasan terletak di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kurang lebih 14 km di timur Kota Yogyakarta.

Hanya beberapa puluh meter dari jalan raya Jogya-Solo km 14, di sebelah kanan jalan raya. Candi Kalasan saat ini keadaannya sudah banyak yang runtuh, termasuk bagian atap candinya,

Bila dilihat sepintas Candi Kalasan kurang menarik, namun sesungguhnya bila diperhatikan lebih seksama, Candi kalasan banyak menyimpan hal-hal yang menakjubkan.

Baca Juga: Unik Nan Legendaris: Inilah 6 Jalan dan Tempat, Membuat Setiap Orang Move On Yogyakarta

Salah satu keunggulan Candi Kalasan, keindahan hiasan-hiasan reliefnya. Begitu indahnya hisan reliefnya, sehingga konon Candi Kalasan disebut sebagai “permata kesenian”.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x