Candi Sambisari, Penemuan dan Misteri Candi di Bawah Tanah

- 6 Maret 2023, 15:35 WIB
Candi Sambisari yang mungil nan legendaris dan di bawah tanah ini, masih banyak menyimpan misteri yang belum terungkap
Candi Sambisari yang mungil nan legendaris dan di bawah tanah ini, masih banyak menyimpan misteri yang belum terungkap /BPCB Jogja/

KARANGANYARNEWS.- Pagi itu, bulan Juli 1966, Arjo Wijono mencangkul di tanah milik Karyoinangun. Namun ketika dia mencangkul lebih dalam dari biasanya, cangkulnya kerap membentur benda-benda keras dan mencurigakan. Arjo Wijono pun menduga ada misteri di bawah tanah yang dicangkulnya.

Penasaran dengan misteri benda-benda keras yang kerap membentur cangkulnya, Karyoinangun pun bertekad menggali lebih dalam dan membongkar tanah yang mencurigakan itu. Hasilnya sungguh menakjubkan, misteri terkuak, reruntuhan bangunan suci menyembul kembali setelah terkubur selama beberapa abad.

Dilansir  KaranganyarNews.com dari kemdikbud.go.id, reruntuhan candi yang terkubur sedalam 4 meter itu kemudian diteliti secara intensif oleh instansi yang terkait yaitu kantor Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Prambanan, serta dilakukan pemugaran pada 20 November 1980.

Baca Juga: Catat Ramalan Zodiak Hari Ini: Gemini, Waspadai Dilematik Ikatan Cinta Vs Karir Profesi

Kerja keras para ahli Arkeologi dan instansi yang terkait baru menunjukkan hasilnya setelah 20 tahun. Terhitung sejak ekskavasi arkeologi pertama pada September 1966 sampai dengan peresmian purna pugarnya oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Haryati Soebadio pada 23 Maret 1987.

Candi Sambisari menjadi hasil karya pemugaran yang pertama dikerjakan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini diberi nama Candi Sambisari sesuai dengan nama desa di mana candi itu diketemukan, yaitu di Desun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Misteri dan Daya Tarik  Candi Sambisari

Candi Sambisari yang mungil di bawah tanah ini masih banyak menyimpan misteri. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti siapa yang membangun candi Sambisari ini. Para ahli hanya menduga bahwa candi ini dibuat oleh Rakai Garung dari Dinasti Sanjaya.

Baca Juga: Wajib Tahu: Inilah 3 Zodiak Wanita Pemilik Inner Beauty Tertinggi, Kalian Salah Satunya?

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x