7 Tingkatan Kehidupan di Candi Cetho, Gunung Lawu, Karanganyar

- 6 Maret 2023, 19:06 WIB
Candi Cetho disusun berderet dari barat ke timur, makin ke belakang makin tinggi dianggap paling penting dan suci, terletak di teras paling tinggi
Candi Cetho disusun berderet dari barat ke timur, makin ke belakang makin tinggi dianggap paling penting dan suci, terletak di teras paling tinggi /fb @wisata karanganyar/

KARANGANYARNEWS- Candi Cetho, dibangun di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1496 m di atas permukaan laut, dibangun dalam teras-teras yang berundak.

Candi Cetho disusun berderet dari barat ke timur, makin ke belakang makin tinggi, yang dianggap paling penting dan suci terletak di teras paling tinggi. Teras-teras tersebut, berjumlah 7 buah.

 

 

Dilansir KaranganyarNews.Com dari buku 'Seri Fakta dan Rahasia Dibalik Candi: Candi Masa Majapahit, ke-7 teras di Candi Cetho itu melambangkan tujuh tingkatan kehidupan manusia dalam kepercayaan Hindu.

Baca Juga: 5 Hotel Rekomended: Berbintang, Low Budged, Dekat Bandara Adi Sumarmo dan Museum Dhe Colomadu

Berturut-turut dari tingkatan terbawah sampai ke atas adalah: Bhur Loka, Bhuwar Loka, Swar Loka, Catur Loka, Jana Loka, Tapa Loka dan Sapta Loka.

Teras paling bawah di Candi Cetho melambangkan tingkat Bhur Loka adalah tingkatan manusia yang masih dikuasai oleh hawa nafsu, sedangkan teras paling atas dan dianggap teras yang paling suci melambangkan tingkat Sapta Loka.

Sebagai tingkatan manusia yang sudah bisa membebaskan dirinya dari hawa nafsu duniawi, sehingga lepas dari hukum karma. Masih menurut buku tadi, ada yang  menarik lainnya lagi di Candi Cetho.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x