Manohara, Kisah Romantisme Cinta Dua Dunia di Relief Candi Borobudur

- 14 Maret 2023, 17:35 WIB
Relief kisah cinta dua dunia antara pangeran Sudhana dan Manohara, bidadari cantik mempesona pada dinding Candi Borobudur
Relief kisah cinta dua dunia antara pangeran Sudhana dan Manohara, bidadari cantik mempesona pada dinding Candi Borobudur /Indonesia.org/

KARANGANYARNEWS - Candi Borobudur memuat relief  cerita sepanjang 5 km kalo ditarik satu garis lurus. Candi Borobudur yang berukuran 123 meter x 123 meter dan tinggi 42 meter, memiliki 2.672 relief terdiri 1.460 relief cerita dan sisanya motif hiasan.

Diantara 1.460 relief cerita itu, ada 20 relief yang menggambarkan romatisme cinta dua dunia yang menggetarkan.  Sebagaimana dirangkun KaranganyarNews.com dari berbagai sumber pustaka, juga pendapat arkeolog.

Kisah cinta dua dunia yang menggetarkan itu terjadi antara pangeran Sudhana dan Manohara, seorang bidadari yang cantik mempesona. Meskipun  di relief Manohara digambarkan sebagai manusia, sejatinya Manohara adalah Kinnari, makhluk cantik jelita setengah manusia setengah burung.

Baca Juga: Kompleks Percandian Dieng, Merekam Jejak Budaya India di Rumah Para Dewa

Kisah cinta dua dunia antara Sudhana dan Manohara dalam relief di dinding Candi Borobudur, bisa ditemukan di deretan cerita Avadana di lantai kedua bagian dalam di bawah kisah Kitab Lalitavistara.

“Avadana adalah kisah Buddha yang terkenal, termasuk tentang bidadari Manohara,” tulis sejarawan Peter Levenda dalam Tantric Temples: Eros and Magic in Java.

Dikisahkan, dalam kehidupan sebelumnya, Sang Buddha pernah hidup sebagai pangeran bernama  Sudhana, putra mahkota kerajaan Pancala Utara, kerajaan makmur karena ayahnya memerintah dengan kebajikan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Candi Sari, Candi Bertingkat Wihara Buddha

Saat sedang berburu, Sudhana melihat kinnari, manusia setengah burung, bernama Manohara yang ditangkap Hakala, seorang pemburu saat mandi di danau.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x