Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Inilah Jejak Sejarah dan Makna Filosofi Kehidupan dalam Bangunannya

- 8 April 2023, 05:06 WIB
Selain menyimpan sejarah peradaban Islam Kasultanan Mataram, Masjid Gedhe Mataram Kotagede juga sarat filosofi kehidupan manusia
Selain menyimpan sejarah peradaban Islam Kasultanan Mataram, Masjid Gedhe Mataram Kotagede juga sarat filosofi kehidupan manusia /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS –  Mengunjungi salah satu destinasi bersejarah di Kota Yogyakarta, menjadi pilihan tersendiri untuk dapat mengenal sejarah dan peradabaan masa lampau. Salah satu destinasi sejarah yang dikunjungi KaranganyarNews.com, Masjid Mataram Kotagede.

Hingga saat ini Masjid yang terletak di kawasan wisata perak dan silver tersebut, masih menyimpan sederet jejak peradaban Islam di masa lampau. Kotagede, juga dikenal sebagai destinasi industri penghasil perak yang mudah ditemukan di sepanjang jalan Kotagede menuju Masjid Mataram Kotagede.

Masjid Mataram Kotagede  didirikan tahun 1587 M, dulunya tanah Masjid merupakan hutan Mentau. Semakin berkembangnya Islam, tempat ibadah umat Islam ini kemudian dibangun sebagai Masjid utama.

Baca Juga: Rekomended Teruntuk Ngabuburit: Inilah Eksoktinya 3 Destinasi Hutan Pinus Mangunan, Kabupaten Bantul

Masjid Kotagede Mataram dibangun dengan gaya khas Keraton Jawa, atapnya berbentuk limasan bertumpang tiga, serambi Masjid juga memperkaya suasana tradisional. Diperoleh keterangan, serambi inilah yang menjadi bangunan khas warisan Kasunanan Surakarta.

Dalam sejarahnya Masjid Kotagede merupakan hadiah dari Sultan Hadiwijaya kepada Ki Ageng Pemanahan, atas keberhasilannya mengalahkan Arya Penangsang. Setelah berdiri Kerajaan Mataram Islam, Kotagede menjadi Ibu Kota Kerajaan Mataram Islam.

Masjid ini dibangun oleh Kanjeng Panembahan Senopati, melalui beberapa tahapan, sebagai  penanda Masjid ini pernah direnovasi oleh Sri Susuhunan Paku Buwono  X pada tahun 1926, didirikan prasasti setinggi 3 meter di bagian depan Masjid yang bertuliskan Pakoe Boewono atau PB  X.

Baca Juga: Wajib Dicoba, Inilah Eksotik Sensasinya Ngabuburit di Bukit Bintang Bantul, Yogyakarta

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x