Mengulik Kemegahan Kotagede Yogyakarta dari Jejak Sejarah Masjid Gedhe Mataram

- 8 April 2023, 07:00 WIB
Bangunan bersejarah di komplek Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Yogyakarta,  saksi sejarah peradaban Islam era Kasultanan Mataram
Bangunan bersejarah di komplek Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Yogyakarta, saksi sejarah peradaban Islam era Kasultanan Mataram /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS –  Salah satu ikon bersejarah di kawasan wisata Kotagede Yogyakarta, adanya peninggalan Masjid Gedhe Mataram. Di kawasan inilah kita dapat menelusuri sederet destinasi wisata sejarah, era Kerajaan Kasultanan Mataram.

Berada di daerah wisata yang terkenal akan pernak pernik berbahan dasar perak di sepanjang jalan Kotagede ini, kita akan melihat sederet bangunan  tua bersejarah.

Sejumlah bangunan inilah yang menjadi saksi sejarah peradaban masa lampau, salah  satu peninggalan bersejarah yang masih terawat dan tetap difungsikan hingga saat  ini  Masjid Gedhe Mataram Kotagede.

Baca Juga: Masjid Gedhe Mataram Kotagede, Inilah Jejak Sejarah dan Makna Filosofi Kehidupan dalam Bangunannya

Penelusuran KaranganyarNews.com di kawasan ini terlihat bangunan kokoh tempat ibadah umat Islam yang berusia kurang lebih 434 tahun, dengan arsitektur yang cukup unik dari keseluruhan bangunannya.

Masjid Gedhe Mataram, sejarahnya didirikan oleh raja pertama Mataram Islam Danang Sutawijaya atau Panembahan Senopati, atas perintah Sunan Kalijaga tahun 1587 M. 

Masjid Gedhe Mataram ini, merupakan 4 kesatuan penting yang tidak dapat terpisahkan. Masing-masing Keraton, masjid, alun-alun dan pasar. Empat penanda ini disebut konsep catur gatra tunggal, memiliki filosofi kedekatan dan   kebersamaan antara Sultan dan rakyatnya.

Baca Juga: Jadi Percontohan se Indonesia, Kampung Ramadhan Masjid Jogokariyan Libatkan 300 UMKM Binaan

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x