Ratusan Warga Kutuwates Syawalan di 2 Pantai Eksotik Gunungkidul

- 24 Mei 2023, 11:05 WIB
Keluarga besar RT 09 Kutuwates, Sinduadi, Mlati, Sleman, mengadakan tradisi Syawalan di Pantai Drini dan Pantai Kukup Gunungkidul
Keluarga besar RT 09 Kutuwates, Sinduadi, Mlati, Sleman, mengadakan tradisi Syawalan di Pantai Drini dan Pantai Kukup Gunungkidul /Arief Winarko/ KaranganyarNews/

KARANGANYARNEWS – Syawalan merupakan tradisi rutin seusai Lebaran, tahun 2023 ini,  140 warga Kutuwates, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman,  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengadakan tradisi Syawalan di dua pantai Kabupaten Gunungkidul yang terkenal pasir putihnya.

 

Tradisi Syawalan ini, disebutkan telah vakum beberapa tahun dikarenakan pandemi Covid-19. Setelah dilonggarkanya kebijakan berkumpul, seluruh keluarga besar Rt 09 Kutuwates mengiikuti tradisi Syawalan di Kabupaten Gunungkidul, Minggu 21 Mei 2023.

Ketua Rt 09, Wiwing Riyono mengatakan, tradisi Syawalan ini merupakan ajang silaturahmi antara pengurus  dan keluarga besar RT, sekaligus menikmati alam di Pantai Drini dan Pantai Kukup, keduanya di Gunungkidul.

 Baca Juga: 550 Mahasiswa dan Masyarakat Ikuti Talkshow Akbar BEM KM UNY

“Syawalan menjadi ruang kebersamaan warga RT 09 untuk menjalin kerukunan dalam beragama, membangun kepekaan sosial dan  saling kepedulian satu sama lain,” terangnya.

Sebelumnya kegiatan Syawalan diawali dengan doa bersama dan ikrar warga yang diwakili Sugiyono, kemudian dilanjutkan dengan makan kembul. Kegiatan ini mencerminkan guyup rukun antara anak, pemuda dan orangtua.

Guyup Rukun

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x