5 Goa di Bantul Paling Fenomenal, Alami dan Instagramable

- 24 Mei 2023, 18:57 WIB
Wisatawan di Goa Payaman Bantul.
Wisatawan di Goa Payaman Bantul. /Instagram/@setya_siswanta

KARANGANYARNEWS – 5 Goa di Bantul Paling Fenomenal, Alami dan Instagramable. Banyak wisata Jogja yang tidak cukup dikunjungi dalam sehari. Sembari menyiapkan rencana piknik saat musim liburan panjang, tidak ada salahnya mulai menyiapkan list atau daftar tempat wisata yang bakal dikunjungi nantinya, seperti wisata goa yang terletak di Kabupaten Bantul.

Seperti diketahui, Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan Jogja tak hanya disebut sebagai kota pelajar, tetapi juga kota wisata. Hal itu tak lepas dari banyaknya tempat wisata yang dapat dikunjungi. Sebut sana wisata alam, wisata bahari atau air yang salah satunya adalah pantai, wisata kuliner, dan wisata sejarah di mana salah satunya adalah goa.

Kurang lebih 25 kilometer dari pusat kota Jogja, wisatawan akan menemui wisata goa di Bantul. Kelima 5 goa di Bantul ini masih tetap terawat dan dikelola dengan baik. Tak hanya menikmati keindahan arsitektur buatan maupun alami, wisatawan juga dapat menggali informasi tentang sejarah dan ilmu pengetahuan alam.

Baca Juga: 5 Spot Rekomended Instagramable: Pantai Goa Cemara Bantul, Jogja

Dikutip dari laman resmi Pemprov DIY, berikut ini 5 goa di kabupaten Bantul paling eksotik, fenomenal, edukatif dan instagramable tentunya .

Goa Jepang
Berada di kalurahan Seloharjo, kapanewon Pundong, Bantul, Jogja, terdapat goa yang bernama Goa Jepang. Dalam sejarha Goa Jepan di Pundong ini merupakan goa yang digunakan sebagai pertahanan untuk mnghalau tentara sekutu yang akan masuk Samudera Hindia.

Di wilayah ini terdapat 18 goa berbahan dasar beron dengan pntu terbuat dari kayu. Kurang lebih berukuran 150 x 150 sentimeter, dinding betonnya berukuran 30 hingga 60 sentimeter.

Masing- masing goa memiliki lubang di bagian atas. Salah satu fungsinya sebagai aluran udara dan beguna bagi penjajah Jepang untuk mengintai musuh.

Halaman:

Editor: Abednego Afriadi

Sumber: Pemprov DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x