Segeralah Mengakiri, Kebiasaan ‘Ngupil’ Berisiko Terpapar Covid-19

- 18 Agustus 2021, 18:28 WIB
Segera hentikan ‘ngupil’, sangat berisiko menularkan pandemi Covid-19
Segera hentikan ‘ngupil’, sangat berisiko menularkan pandemi Covid-19 /Kustawa Esye/

KARANGANYARNEWS - Meskipun ada yang menganggap jorok, tapi tidak sedikit yang merasa asyik dengan mengotak-atik kotoran dalam organ hidungnya, alias ‘ngupil’.

Mulai sekarang, sebaiknya kita berpikir ulang untuk beraktifitas ngupil, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Kalau tak ingin menuai bahaya, pertimbangkan masak-masak kalau ingin melakukan ngupil.

“Bisa jadi, tidak membuat hidung bersih. Tapi, justru beresiko terpaparnya Covid-19 karena ngupil,” kata dr Anggit Budiarto, tenaga medis dari Kanto Dinas Kesehatn Kabupaten Klaten.

Baca Juga: 4 Alasan Penting Menjaga Jarak Saat Pandemi di Tempat Terbuka

Dia ingatkan juga, pentingnya sering-sering cuci tangan ketika beraktifitas, terutama sat mau makan. Selain sebagai kebiasaan hidup bersih dan sehat, di masa pandemi covid 19 mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjadi upaya penting menghindari penularan covid 19.

“Banyak masyarakat belum tahu, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir itu sangat besar manfaatnya. Penelitian para ahli, 60% penyakit manusia bisa dihindari dengan hanya menjaga kebiasaan mencuci tangan,” terang dr Anggit Budiarto.

Terlebih, di masa pandemi seperti saat ini. Karena itulah, dalam ceramah kesehatan kebiasaan hidup bersih di Klaten baru-baru ini, dia menyarankan agar masyarakat rajin mencuci tangan dengan sabun secara benar.

Baca Juga: Mata Lelah Liat Gawai? Yukk Segerin Dengan yang Hijau

Selain itu, kepada puluhan peserta dalam kegiatan ini dr Anggit Budiarto juga menggarisbawahi dan menekankan, agar mulai saat ini bersegeralah menghentikan kebiasaan ngupil tersebut. ***

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x