Rezeki Nomplok, 2 Sapi Metal Milik Suparno Warga Karanganyar Dibeli Jokowi buat Kurban

- 17 Juni 2024, 14:03 WIB
Suparno, warga Karanganyar mendapatkan rezeki nomplok di Hari Raya Iduladha. Dua sapi metal miliknya dibeli Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Dok. Istimewa)
Suparno, warga Karanganyar mendapatkan rezeki nomplok di Hari Raya Iduladha. Dua sapi metal miliknya dibeli Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Suparno, warga Desa Pandeyan, Kecamatan Tasikmadu Karanganyar mendapatkan rezeki nomplok di Hari Raya Iduladha. Ya, dua ekor sapi jenis metal miliknya dibeli Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kedua ekor sapi ini kabarnya diserahkan ke Pondok Pesantren Raudhatul Maarif Boyolali dan Masjid Al Ikhsan Mojosongo, Kota Solo. Sapi yang diberi nama Semar dan Abimanyu itu berbobot masing-masing 835 kilogram dan 850 kilogram. Hewan kurban ini dihargai Rp80 ribu per kilogram sehingga dibeli presiden seharga Rp134,8 juta.
 
Menurut Suparno, ini merupakan kali kedua Presiden Jokowi membeli sapi miliknya. Diakui dirinya, bukanlah hal mudah sapi-sapinya dipilih untuk kurban oleh tim kepresidenan. 
 
 
Sejumlah persyaratan wajib dipenuhi, di antaranya bobot minimal sapi 800 kilogram. Selain itu, pemilik harus mengajukan proposal disertai kondisi kesehatan sapi, dibuktikan dengan hasil uji laboratorium. Setelah diverifikasi, tim kepresidenan lalu melakukan cek lokasi dan verifikasi faktual.
 
"Awalnya dua ekor ini kami ajukan ke tim setpres (Sekretariat Presiden). Sepekan kemudian disurvei tim dari kepresidenan, ungkap Suparno, Minggu, 16 Juni 2024, 
 
Diutarakan, sapi yang dibeli presiden memberikan kebanggaan tersendiri bagi peternak, selain tentunya juga dibeli dengan harga pantas. Tercatat dari total sepuluh ekor sapi di kandang, kini hanya tersisa dua ekor untuk pembibitan. Lainnya dibeli untuk keperluan kurban di wilayah Boyolali dan Jakarta.
 
Suparno pun bersyukur lantaran pada Iduladha ini sapi-sapinya telah terjual dengan harga pantas. Selanjutnya, ia akan mulai pembibitan sapi lagi untuk kebutuhan Iduladha tahun depan. ***
 

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah