Kolaborasi Dengan IKA UNS, Bank Indonesia Solo Bagikan Paket Sembako

- 7 Agustus 2021, 06:50 WIB
Bank Indonesia Solo membagikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa 500 paket sembako, vitamin, dan perlengkapan kesehatan kepada masyarakat.
Bank Indonesia Solo membagikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa 500 paket sembako, vitamin, dan perlengkapan kesehatan kepada masyarakat. /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Bank Indonesia Solo membagikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa 500 paket sembako, vitamin, dan perlengkapan kesehatan kepada masyarakat.

Bantuan yang dibagikan dan berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Universitas Sebelas Maret (IKA UNS) tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19,

Paket bantuan didistribusikan kepada masyarakat yang beraktivitas usaha kecil dan terdampak di sekitar kampus UNS. Seperti usaha kuliner, transportasi sederhana, cetak/print, penjahit/permak tambal ban, dan tenaga kerja yang di PHK atau kehilangan pekerjaan.

Kegiatan tersebut untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak di sekitar kampus akibat menurunnya aktivitas ekonomi seiring dengan masih berlangsungnya pembelajaran jarak jauh oleh mahasiswa dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

PSBI diberikan secara simbolis dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo kepada IKA UNS di Gedung IKA UNS, Jumat (6/8/2021). Bersamaan dengan penyerahan PSBI, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo juga melakukan peninjauan pemasangan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada UMKM yang terdampak.

Menurut Nugroho Joko Prastowo, QRIS adalah bentuk fasilitasi transaksi pembayaran UMKM yang contactless sehingga cocok di masa pandemi. Kegiatan hal itu juga sejalan dengan program 12 juta merchant QRIS, dan merupakan salah satu upaya Bank Indonesia mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"QRIS juga mampu mendorong terbentuknya rantai pembayaran digital dari hulu ke hilir, sehingga lebih efektif dan efisien dalam menunjang transaksi ekonomi masyarakat," kata Joko.

Selain memberikan PSBI, Bank Indonesia Solo yang berkolaborasi dengan IKA UNS dalam edukasi protokol kesehatan 6M kepada masyarakat, juga membentuk kawasan wajib masker di 71 (tujuh puluh satu) titik. Utamanya yang berbatasan langsung dengan wilayah kampus UNS. Edukasi dilakukan melalui pemasangan spanduk himbauan untuk wajib menggunakan masker.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x