2 Caleg PDIP Terpilih Somasi KPU Karanganyar, Begini Dasar Hukum yang Disampaikan

- 4 Mei 2024, 17:05 WIB
Suprapto Koting, Caleg PDIP terpilih yang melyangkan somasi ke KPU Karanganyar
Suprapto Koting, Caleg PDIP terpilih yang melyangkan somasi ke KPU Karanganyar /Foto: Facebook @suprapto koting/

KARANGANYARNEWS - Dua Caleg PDIP terpilih, Suprapto  dari Dapil I dan Suyanto dari Dapil IV Kabupaten Karanganyar, melayangkan somasi ke KPU Karanganyar. Surat somasi tadi, diserahkan secara langsung oleh Suprapto kepada Ketua KPU Karanganyar, Daryono. Jumat (3/5/2024).

Dalam surat somasi yang ditandatangani Sri Sumanta, kuasa hukum Caleg DPRD Kabupaten Karanganyar tadi menyebutkan,  pihaknya mengapresiasi KPU yang telah mempedomani ketentuan sebagaimana diatur dalam UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilu, khususnya pasal 426 ayat (1).

Karenanya, klien dia ditetapkan sebagai Caleg terpilih anggota DPRD Kabupaten Karanganyar, berdasarkan Keputusan KPU Kabupaten Karanganyar Nomor 722 Tahun 2024 Tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Karanganyar Pemilu 2024.

 Baca Juga: KPU Karanganyar Terancam Gugatan pidana, perdata, PTUN dan Kode Etik

Sri Sumanta menyampaikan, kliennya tidak pernah membuat dan menandatangani surat pernyataan pengunduran diri sebagaimana diatur dalam ketentuan pasal 426 ayat 1 huruf (b) UU No.7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Selain itu juga diatur dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2024 pasal 48 ayat (3) tentang Penetapan Pasangan Calon terpilih, Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu.

 

Bertindak Konstitusional

Dijelaskan, hal itu juga diatur dalam Surat KPU Nomor: 664/PL.019-SD/05/2024 tertanggal 30 April 2024 tentang Ketentuan Calon Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang Meninggal Dunia, Mengundurkan Diri, dan atau Tidak Memenuhi Syarat Sebelum Calon Terpilih.

 Baca Juga: DPC PDIP Karanganyar Buka Pendaftaran Cabup Cawabub: Wajib Mengisi Formulir Kesanggupan Finansal

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah