754 SPBU Di Jateng dan DIY Siap Layani Kebutuhan BBM di Bulan Ramadhan dan Lebaran

- 3 April 2022, 22:09 WIB
Sebuah truck tengah mengisi BBM di salah satu SPBU.
Sebuah truck tengah mengisi BBM di salah satu SPBU. /Humas Pertamina/

KARANGANYARNEWS-Ada 754 SPBU Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), 675 di Jawa Tengah dan 79 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang disiapkan Pertamina untuk memenuhi kebutuhan BBM selama Ramadhanndan Lebaran, tahun ini.

Dari monitoring yang dilakukan Pertamina, saat ini ada peningkatan konsumsi BBM Solar di masyarakat, seiring pemulihan dan peningkatan ekonomi yang terjadi. Itu yang jadi penyebab adanya lonjakan konsumsi dari kuota yang telah ditetapkan.

Pertamina mencatat, rata-rata konsumsi harian Solar subsidi yang disalurkan PT Pertamina Patra Niaga hingga akhir Februari 2022 di Jawa Tengah dan DIY berada di angka 5.833 kiloliter per hari. Angka itu 11% di atas rata-rata kuota harian tahun 2022, yaitu 5.253 kiloliter per hari.

Kendati demikian, kata Area Manager Communication, Relations, & CSR Regional Jawa Bagian Tengah Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, Pertamina menyediakan Solar untuk memenuhi kebutuhan, khususnya bagi konsumen yang berhak menerima subsidi dari pemerintah.

Namun, Pertamina juga mengimbau masyarakat, khususnya golongan mampu atau menengah ke atas untuk bijak dalam menggunakan BBM sesuai peruntukan. Agar subsidi BBM tepat sasaran.

“Kami terus mendorong dan mengedukasi agar masyarakat lebih memilih BBM nonsubsidi dari Pertamina yang tentu kualitasnya lebih baik bagi mesin kendaraan dan lebih ramah lingkungan,” kata Brasto dalam siaran pers.
 
Sementara itu untuk BBM jenis gasoline terdapat dua produk Pertamax Series, yaitu Pertamax (RON 92) dan Pertamax Turbo (RON 98). Untuk BBM jenis gasoil tersedia dua produk Dex Series, yakni Dexlite (CN 51) dan Pertamina Dex (CN 53).

Tercatat, rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline awal tahun ini berada di angka 12.671 Kiloliter/hari, dan BBM jenis gasoil 6.587 KL/hari. Sementara konsumsi harian LPG sebanyak 4.360 Metric Ton/hari.

Menurut Brasto, angka tersebut meningkat sekitar 6% untuk BBM gasoline, 9% untuk BBM gasoil, dan 0,8% untuk LPG, dibanding rata-rata konsumsi harian masing-masing bahan bakar tersebut di 2021.

"Bagi masyarakat maupun konsumen yang membutuhkan informasi seputar produk dan layanan dari Pertamina, dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135 atau melalui aplikasi MyPertamina juga website www.pertamina.com," kata Brasto.

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x