Kemenag Gelar Sidang Isbat 1 Syawal Minggu Besok, Penuhi Kriteria Baru MABIMS

- 25 April 2022, 11:24 WIB
Kemenag akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1443 H pada Minggu, 1 Mei 2022 petang, didahului proses pengamatan hilal di 99 titik lokasi di seluruh wilayah Indonesia. (Foto ilustrasi: Pixabay/Briam-Cute)
Kemenag akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1443 H pada Minggu, 1 Mei 2022 petang, didahului proses pengamatan hilal di 99 titik lokasi di seluruh wilayah Indonesia. (Foto ilustrasi: Pixabay/Briam-Cute) /Pixabay/ Briam-Cute/

KARANGANYARNEWS - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat (penetapan) 1 Syawal 1443 H pada Minggu, 1 Mei 2022 petang. Sidang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama ini akan didahului proses pengamatan hilal di 99 titik lokasi di seluruh wilayah Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menyatakan, secara hisab posisi hilal di Indonesia saat sidang isbat awal Syawal 1443 H mendatang sudah memenuhi kriteria baru ditetapkan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS).

“Di Indonesia, pada 29 Ramadan 1443 H yang bertepatan dengan 1 Mei 2022 tinggi hilal antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat,” jelas Kamaruddin Amin di Jakarta, Senin (25/4/2022), dilansir dari laman resmi Kementerian Agama RI, kemenag.go.id.

Baca Juga: Primbon Jawa; Inilah Jurus Pelancar Rejeki Weton Senin Legi

"Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS," imbuh Kamaruddin Amin.

Menurut kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Kamaruddin Amin menambahkan, pemerintah Indonesia akan menggelar sidang isbat dengan menggunakan metode hisab dan rukyat.

Baca Juga: Derby Merseyside, Liverpool vs Everton 2-0, The Red Tempel The Citizen, The Toffees Terancam Degradasi

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: kemenag.go,id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x