Branding harus Memberi Solusi bagi Pembeli

- 12 Agustus 2021, 13:54 WIB
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo membuka pelatihan pengembangan branding secara daring, Kamis (12/8/2021).
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo membuka pelatihan pengembangan branding secara daring, Kamis (12/8/2021). /Langgeng Widodo/

KARANGANYARNEWS-Brand yang baik adalah yang bisa memberi solusi bagi konsumen. Semakin spesifik maka semakin mudah sebuah brand dibangun.

"Pembentukan reputasi terhadap suatu brand menjadi penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk tersebut," kata Co-Founder Indonesia Brand Activists Network, Aries Adenata.

Hal itu dikatakan, Kamis (12/8/2021), ketika memaparkan materi dalam pelatihan pengembangan branding dan packaging (kemasan) produk UMKM yang inovatif dan ramah lingkungan. Pelatihan secara daring itu diselenggarakan Bank Indonesia kantor perwakilan Solo.

Aries mencontohkan, seseorang yang menjual kerupuk akan lebih mudah melakukan branding apabila sudah menemukan kata kunci yang spesifik yang membedakannya dengan kerupuk sejenis di pasaran.

“Jika dalam sebuah produk ada pembeda dibanding yang lain, maka pasti pembeli akan lebih tertarik,” tandasnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo mengatakan, pelatihan pengembangan branding dan packaging produk UMKM yang inovatif dan ramah lingkungan itu untuk menjawab salah satu masalah yang dialami mayoritas UMKM.

Yakni kurangnya pemahaman branding dan packaging untuk menjaga sustainability usahanya. "Kebanyakan para pelaku bisnis UMKM masih berfokus pada trading dan melupakan sisi branding," kata Joko ketika membuka pelatihan.

Selain itu, lanjut Joko, peningkatan pengetahuan tentang pengemasan ramah lingkungan juga penting dilakukan untuk mengikuti trend saat ini dimana semua produksi dan produk mengarah ke sustainability.

"Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas UMKM terkait branding dan packaging (kemasan) untuk meningkatkan kualitas produk dan keamanannya, memperluas jangkauan pemasaran, serta turut berkontribusi untuk menjaga kelestarian alam."

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x